Fisiohome

Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Fisioterapi

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Persiapan yang perlu dilakukan sebelum Fisioterapi memang penting dilakukan oleh seluruh pasien agar hasilnya maksimal dan benar-benar sembuh. Biasanya, Anda harus konsultasi dulu ke dokter tentang segalanya.

Sebelum melakukan eksekusi pihak medis akan melakukan konservasi terlebih dulu dengan melihat bagaimana keadaan kesehatan pasien tersebut. Perlu diketahui pengobatan ini tidak selamanya sejalan dengan metode lain.

Artinya fisioterapi bisa saja batal kalau memang Anda sedang menjalani pengobatan lainnya sehingga membuat metode tersebut gagal dilakukan. Lalu, persiapan apa lagi yang diperlukan agar hasilnya maksimal?

Berikut Ini Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Fisioterapi

Setelah berkonsultasi dan dipastikan akan menjalankan metode ini, sebaiknya Anda melakukan beberapa hal penting mendukung pengobatan tersebut, seperti menjaga benar gerakan anggota tubuh. Kondisi ini akan menjaga kelenturan serta fleksibilitas.

Terutama ada beberapa bagian penting perlu menjadi perhatian seperti otot, sendi serta berbagai jaringan di sekitarnya. Jika Anda terlalu banyak bergerak, bagian tersebut kondisinya bisa lebih parah dari sebelumnya.

Persiapan yang perlu dilakukan sebelum Fisioterapi dengan menjaga gerakan seperti ini mampu mendukung kelancaran penyembuhan. Selain itu, cobalah untuk menggerakkan leher, tangan dan kaki tetapi jangan dipaksakan.

Artinya silahkan bergerak sesuai kemampuan saja, bila terasa sakit atau kurang nyaman hentikan saja. Gerakan kecil tersebut akan membantu jalannya proses fisioterapi, tetapi kalau akhirnya menimbulkan rasa sakit hentikan saja.

Persiapan yang perlu dilakukan sebelum Fisioterapi selanjutnya adalah menggunakan pakaian nyaman dan longgar. Keadaan tersebut memberikan akses penuh kepada dokter untuk memeriksa bagian cidera tanpa ada hambatan sama sekali.

Sebagai salah satu contoh, ketika seorang pasien mengalami sakit leher. Lebih disarankan memakai baju lengan pendek, atau bagusnya tanpa lengan saja. Karena pusat pemeriksaan di bagian pundak.

Persiapan yang perlu dilakukan sebelum Fisioterapi juga bisa dilakukan ketika Anda menderita penyakit berpusat di area bawah, misalkan lutut, pinggul, atau pergelangan kaki. Pastikan menggunakan celana pendek jangan panjang.

Berikut Pilihan Perawatan dalam Fisioterapi

Perlu diketahui bahwa, dalam metode fisioterapi seperti ini Anda akan menjalani beberapa metode perawatan seperti terapi manual. Manfaat melakukan metode ini cukup banyak diantaranya adalah meredakan nyeri.

Pada proses terapi manual nantinya medis akan melakukan tahap evaluasi terlebih dulu. Persiapan yang perlu dilakukan sebelum Fisioterapi dalam metode ini adalah menceritakan secara detail keluhannya.

Termasuk bagaimana kejadiannya selama ini, mereka akan menentukan bagaimana masalahnya terlebih dulu. Para terapis tersebut akan bekerja pada sendi dan jaringan, biasanya menggunakan teknik pijatan salah satunya adalah tekanan lembut.

Ada lagi memakai gerakan melingkar, tarikan, serta manipulasi sendi. Semua teknis tersebut tidak boleh dilakukan oleh sembarangan terapi. Mereka harus mempunyai sertifikat keahlian agar tingkat kesembuhan tinggi.

1. Melakukan Stimulasi Saraf Transkutan Listrik

Berikutnya adalah Stimulasi saraf transkutan listrik dalam prosesnya menggunakan alat dengan dukungan baterai. Pada prosesnya di bagian permukaan kulit terdapat sebuah eletroda yang berperan menghantarkan arus dengan tingkat rendah.

Nantinya arus ini akan mengaktifkan saraf sensoril di sekitar area yang sedang bermasalah. Dengan begini akan merangsang otak untuk menciptakan hormon endorfin merupakan zat alami tubuh untuk penghilang rasa nyeri.

Persiapan yang perlu dilakukan sebelum Fisioterapi adalah menjaga kulit Anda agar bebas dari minyak atau lotion. Keadaan tersebut membuat zat yang terkandung dalam alat tersebut tidak akan melekat ke elektroda.

Kalau sudah begini nantinya akan mengganggu proses pengiriman transmisi sinyal listrik ke otak. Bisa jadi, terjadi risiko lain yang membuat penyakit tersebut tambah parah atau justru menambah daftar sakit Anda.

Persiapan yang perlu dilakukan sebelum Fisioterapi ini adalah mencukur rambut di lokasi elektroda berada. Dengan begini kemampuannya untuk melekat ke kulit akan berjalan baik dan lancar sehingga hasilnya memuaskan.

2. Terapi Magnetik

Metode pengobatan ini bisa dikatakan cukup populer, karena memanfaatkan gelombang elektromagnetik atau medan magnet untuk meredakan rasa sakit. Nantinya pemanfaatannya disesuaikan ukuran, jenis, yang akan berinteraksi dengan jaringan serta sel.

Dalam metodenya ada dua jenis yang dapat dilakukan menggunakan teknik ini, seperti statis yang diterapkan pada area yang merangsang aliran darah hingga nantinya akan mengurangi peradangan.

Persiapan yang perlu dilakukan sebelum Fisioterapi ini adalah menjaga kulit supaya tetap bersih. Lebih baik membersihkannya dulu menggunakan sabun atau resep khusus dari dokter agar tidak terkontaminasi.

Selain itu, kami menyarakan untuk bersikap tenang dan rileks sebelum menjalani pengobatan tersebut. Ketenangan tersebut akan membantu meningkatkan efektivitas pengobatan melalui gelombang magnet sehingga, memaksimalkan manfaatnya.

Persiapan yang perlu dilakukan sebelum Fisioterapi terapi magnetik adalah hindari luka terbuka. Jika Anda mempunyainya, harap konsultasikan dulu ke pihak dokter, karena keadaan tersebut sangat berbahaya.

3. Taping

Pilihan perawatan selanjutnya adalah Taping menggunakan alat bantu bernama kinesio tape, merupakan alat bantu untuk melakukan pengobatan fisioterapi berbentuk seperti plester. Tujuannya adalah menyembuhkan cidera secara alami tanpa menghambat pergerakan.

Manfaat dari prosedur ini adalah mampu meningkatkan aliran darah di sekitar tubuh yang cidera. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai media penyembuhan paling efektif. Perlu diketahui darah mengandung nutrisi dan oksigen.

Semakin banyak kandungan di sekitar area cidera membuat penyembuhan terhadap luka bisa segera sembuh. Selain itu perannya dalam menstabilkan otot dan sendi sangat bagus, tidak heran bila tingkat kesembuhannya tinggi.

Persiapan yang perlu dilakukan sebelum Fisioterapi ini adalah membersihkan kulit yang akan digunakan kinesio tape. Gunakan sabun dan air hangat pada saat proses pembersihan tersebut agar hasilnya maksimal.

Pastikan pula tidak mengoles bagian tersebut dengan minyak atau lotion karena dapat mengganggu perekatnya. Bila tidak menempel erat di bagian kulit, bisa saja pengobatan tersebut tidak akan berjalan lancar.

Pastikan pula kondisi kulit dalam keadaan sehat dan tidak ada sedikit luka. Sebelum menggunakannya harap lakukan pemeriksaan lebih lanjut, apakah ada iritasi atau alergi pada saat pemasangan nanti.

4. Ultrasound dan Phonophoresis

Perawatan selanjutnya adalah Ultrasound metode ini mampu meredakan peradangan dengan mengantarkan energi panas ke dalam tubuh. Proses ini akan meningkatkan suplai nutrisi dan oksigen ke jaringan rusak.

Nutrisi dan oksigen tersebut akan memberikan jaringan atau sel melakukan kemampuannya untuk meregenerasi sehingga, mempercepat kesembuhan. Manfaat lainnya adalah meningkatkan metabolisme sel yang rusak agar tubuh bisa kembali normal.

Selain ultrasound ada juga Phonophoresis di mana para medis akan memanfaatkan gelombang ultrasonik akan penyerapan obat ke dalam tubuh bisa berlangsung cepat. Karena saat melakukan ini pori-pori kulit akan terbuka.

Kemampuan obat oleh untuk menyerap dan memberikan perawatan ke jaringan atau sel lebih cepat dilakukan. Hal tersebut dapat meminimalkan dampak buruk obat pada area sehat agar tidak menjadi sakit.

Perlu diketahui bahwa fisioterapi merupakan metode pengobatan cukup efektif yang dapat dilakukan seseorang. Hanya saja, sebelum mendapatkannya Anda harus paham dulu bagaimana persiapan yang perlu dilakukan sebelum Fisioterapi, jika mencari yang terbaik segera hubungi kami Fisiohome di +62 882-9874-5399.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Kesehatan

Pengobatan Fisioterapi Kandung Kemih yang Terlalu Aktif

Kandung kemih merupakan organ dalam tubuh yang terletak pada bagian bawah panggul, tentu pengobatan fisioterapi kandung kemih menjadi penting ketika terlalu aktif. Biasanya ini terjadi

Gangguan Tulang

Kandungan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang membutuhkan kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Kalsium menjadi salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan