Fisiohome

Tips Olahraga untuk Turunkan Berat Badan Termudah

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Tips olahraga untuk turunkan berat badan menjadi sesuatu yang sangat penting. Mencoba menurunkan berat badan bisa menjadi perjalanan yang menantang.

Baik itu untuk meningkatkan kesehatan atau hanya untuk merasa lebih baik, menurunkan berat itu membutuhkan waktu, tenaga, dan dedikasi.

Olahraga adalah bagian penting dari program penurunan berat badan apa pun, tetapi sulit untuk mengetahui harus mulai dari mana. Dengan begitu banyak jenis latihan dan rutinitas, sulit untuk mengetahui mana yang akan paling efektif.

Tips Olahraga untuk Turunkan Berat Badan

Salah satu hal terpenting yang perlu dipertimbangkan saat memulai latihan rutin adalah menetapkan tujuan yang realistis.

Sangat menyenangkan untuk termotivasi dan bersemangat saat memulai tetapi penting untuk jujur dengan diri sendiri tentang apa yang dapat Anda capai dan apa yang mampu dilakukan tubuh.

Dalam hal penurunan berat badan, penting untuk diingat bahwa ini adalah perjalanan dan bukan perbaikan semalam. Menetapkan tujuan yang dapat dicapai akan membantu Anda tetap termotivasi dan berkomitmen untuk latihan rutin.

Dalam tips olahraga untuk turunkan berat badan, mulailah dengan menetapkan tujuan kecil yang akan membantu menuju tujuan yang lebih besar.

1. Temukan Latihan yang Anda Nikmati

Salah satu aspek terpenting dari olahraga adalah keberlanjutan. Sangat mudah untuk memulai rutinitas latihan, tetapi tetap berpegang teguh pada itu adalah cerita yang berbeda.

Kunci tips olahraga untuk turunkan berat badan ini adalah menemukan aktivitas yang Anda sukai dan yang tidak terasa seperti tugas. Ini akan membuatnya lebih mudah untuk tetap berpegang dalam jangka panjang dan mencapai tujuan penurunan berat badan.

Ada banyak pilihan dalam hal berolahraga, jadi luangkan waktu untuk menjelajahi dan menemukan sesuatu yang sesuai untuk.

Jika Anda suka berada di luar ruangan, cobalah hiking, berlari, atau bersepeda. Jika Anda lebih suka berada di dalam, pertimbangkan kelas kebugaran, angkat besi atau berenang.

Banyak gym dan studio menawarkan kelas uji coba gratis, sehingga Anda dapat mencoba berbagai aktivitas sebelum melakukan satu.

Anda juga dapat membuat tips olahraga untuk turunkan berat badan lebih menyenangkan dengan menambahkan beberapa variasi. Jika Anda bosan dengan rutinitas saat ini, alihkan dengan mencoba latihan atau aktivitas baru.

Ini tidak hanya akan menjaga hal-hal yang menarik tetapi juga akan menantang tubuh dengan cara-cara baru dan membantu menghindari memukul dataran tinggi penurunan berat badan.

Ingat, olahraga tidak harus menjadi tugas. Dengan menemukan aktivitas yang disukai, Anda akan cenderung tetap berpegang pada rutinitas latihan dan mencapai tujuan penurunan berat badan lebih cepat.

2. Luangkan Waktu untuk Berolahraga dalam Jadwal Sibuk

Kita semua menjalani kehidupan yang sibuk, jadi tidak mudah untuk menyesuaikan olahraga ke dalam jadwal sibuk. Namun, meluangkan waktu untuk berolahraga sangat penting dalam tips olahraga untuk turunkan berat badan.

Salah satu cara untuk meluangkan waktu untuk berolahraga adalah dengan memasukkannya ke dalam rutinitas harian. Misalnya, Anda bisa bersepeda atau berjalan ke tempat kerja alih-alih mengemudi atau naik bus.

Jika bekerja di kantor, istirahatlah secara teratur untuk meregangkan kaki dan berjalan di sekitar gedung.

Cara lain untuk meluangkan waktu dalam tips olahraga untuk turunkan berat badan adalah bangun lebih awal dan berolahraga sebelum hari dimulai.

Ini mungkin mengorbankan sedikit waktu tidur tetapi itu adalah harga kecil untuk membayar manfaat kesehatan yang diberikan olahraga teratur.

Jika kesulitan menemukan motivasi untuk berolahraga, cobalah mencari teman latihan. Memiliki seseorang untuk berolahraga dapat membantu memotivasi dan membuat Anda lebih bertanggung jawab.

Anda juga bisa bergabung dengan kelas kebugaran atau kelompok, yang bisa menjadi cara tepat untuk bertemu orang baru dan membuat olahraga lebih menyenangkan.

Ingat, bahkan hanya 30 menit olahraga per hari dapat membuat perbedaan besar dalam perjalanan penurunan berat badan. Jadi, luangkan waktu untuk berolahraga dalam jadwal sibuk dan Anda akan segera mulai melihat hasilnya.

3. Gunakan Pelatihan Interval Intensitas Tinggi

Latihan interval intensitas tinggi atau sering disebut HIIT adalah teknik latihan populer yang telah mendapatkan banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir karena efisiensi dan efektivitasnya dalam membantu orang menurunkan berat lebih cepat.

Tips olahraga untuk turunkan berat badan ini melibatkan upaya latihan intens diikuti dengan periode istirahat atau latihan intensitas rendah. Interval ini dapat berkisar dari 20 hingga 90 detik tergantung pada tingkat kebugaran dan preferensi pribadi.

Ide di balik HIIT adalah untuk mendorong tubuh ke batasnya selama interval intensitas tinggi yang akan meningkatkan detak jantung dan membakar lebih banyak kalori. Periode istirahat memungkinkan tubuh pulih sebelum memulai interval intensitas tinggi berikutnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa tips olahraga untuk turunkan berat badan ini bisa lebih efektif daripada kardio dalam hal pembakaran kalori dan upaya menghilangkan lemak.

Ini juga memiliki manfaat tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan kardiovaskular. Beberapa contoh latihan HIIT termasuk sprint, jump squat, burpees, dan pendaki gunung.

Anda dapat memasukkan HIIT ke dalam rutinitas latihan yang ada dengan menambahkan latihan ini di antara set reguler atau dengan menempatkannya sebagai latihan tambahan.

Penting untuk dicatat bahwa HIIT bisa sangat intens dan mungkin tidak cocok untuk semua orang. Jika Anda baru berolahraga, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau profesional kebugaran bersertifikat sebelum memasukkan HIIT ke dalam rutinitas.

4. Masukkan Latihan Kekuatan ke Dalam Rutinitas

Jika tujuan Anda adalah menurunkan berat badan, kardio adalah cara yang tepat. Sementara cardio sangat bagus untuk membakar kalori saat ini, memasukkan latihan kekuatan dapat membantu membakar lebih banyak kalori dalam jangka panjang.

Otot adalah jaringan aktif secara metabolik, yang berarti mereka membakar lebih banyak kalori saat istirahat daripada lemak.

Inilah sebabnya mengapa orang dengan massa otot lebih cenderung memiliki tingkat metabolisme istirahat yang lebih tinggi, atau jumlah kalori yang terbakar tubuh mereka saat istirahat.

Dengan memasukkan tips olahraga untuk turunkan berat badan ini ke dalam rutinitas, Anda dapat meningkatkan massa otot yang pada gilirannya meningkatkan tingkat metabolisme saat istirahat.

Latihan kekuatan juga dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat dengan membakar lebih banyak kalori selama latihan. Sementara kardio membakar kalori selama latihan, latihan kekuatan membakar kalori baik selama dan setelah latihan.

Hal ini karena latihan kekuatan menciptakan mikro-air dalam serat otot yang menggunakan energi (alias kalori) untuk melakukannya. Fenomena ini dikenal sebagai efek afterburn, atau konsumsi oksigen pasca olahraga berlebih.

Efek afterburn dalam tips berolahraga untuk turunkan berat badan ini dapat bertahan hingga 48 jam setelah latihan yang berarti Anda terus membakar kalori bahkan setelah selesai berolahraga.

Memasukkan latihan kekuatan ke dalam rutinitas tidak berarti Anda harus mengangkat beban berat atau menghabiskan berjam-jam di gym. Latihan berat badan seperti push-up, squat, dan lunge bisa sama efektifnya dalam membangun massa otot.

Anda juga dapat memasukkan dumbel ke dalam rutinitas jika ingin mencari lebih banyak tantangan. Selalu ingat agar memberikan otot waktu untuk pulih sebagai upaya agar terhindar dari cedera.

Inti dari menurunkan berat badan adalah konsistensi. Oleh karena itu, pastikan tips olahraga untuk turunkan berat badan di atas dijalankan secara konsisten.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Kesehatan

Pengobatan Fisioterapi Kandung Kemih yang Terlalu Aktif

Kandung kemih merupakan organ dalam tubuh yang terletak pada bagian bawah panggul, tentu pengobatan fisioterapi kandung kemih menjadi penting ketika terlalu aktif. Biasanya ini terjadi

Gangguan Tulang

Kandungan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang membutuhkan kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Kalsium menjadi salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan