Fisiohome

Tips Tidur Nyenyak untuk Penderita Patah Tulang Selangka

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Patah tulang selangka merupakan salah satu jenis cedera tubuh yang sering terjadi bagi kebanyakan orang. Cedera ini juga sering dikenal sebagi fraktur klavikula, biasanya terjadi pada anak-anak maupun para remaja karena aktivitas fisik tertentu.

Penyebab paling umum adalah karena cedera akibat olahraga, terjatuh, atau trauma akibat kecelakaan lalu lintas. Tulang selangka terletak di sisi kanan serta kiri dada bagian atas atau pada leher bagian bawah. Jika tulang ini patah maka Anda akan kesulitan dalam beraktivitas.

Alasannya karena tulang tersebut berperan penting sebagai penopang lengan sehingga Anda mampu bergerak dengan bebas. Berikut penjelasan secara rinci tentang apa itu patah tulang selangka, bagaimana cara tidur yang nyaman, serta pengobatan atau terapi terbaiknya.

Apa Itu Patah Tulang Selangka?

Patah tulang selangka atau fraktur klavikula adalah kondisi di mana kontinuitas pada tulang klavikula hilang atau putus. Jika hal ini terjadi, maka Anda akan kesulitan untuk menggerakkan tubuh, terutama pada bagian lengan serta bahu.

Umumnya untuk mengatasi masalah fraktur tersebut Anda bisa menggunakan penyangga lengan atau arm sling. Namun jika patah tulang yang terjadi cukup parah, maka Anda harus melakukan penanganan lanjut salah satunya adalah prosedur operasi.

Penyebab utama fraktur klavikula adalah terjadinya hantaman secara langsung ke arah bahu. Sedangkan penyebab lainnya bisa karena kegiatan fisik intens, osteoporosis, faktor genetik, riwayat patah tulang, gaya hidup serta nutrisi, dan lain sebagainya.

Setelah mengalami fraktur ini, Anda tidak bisa bergerak secara sembarangan bahkan cara tidur juga harus diperhatikan dengan baik. Jika posisi tidur salah maka bisa berbahaya bagi klavikula dan bisa menyebabkan masalah serius.

Baca juga artikel kami tentang : Perbedaan Antara Patah Tulang Dan Retak Tulang, Jangan Salah

Tips Tidur Nyenyak untuk Penderita Patah Tulang Selangka

Seseorang yang mengalami patah tulang selangka umumnya tidak bisa tidur dengan nyenyak karena khawatir akan salah posisi. Hal ini terutama terjadi pada pasien yang menggunakan plate untuk mencegah gerakan tangan berlebih.

Penggunaan plate menyebabkan rasa tidak nyaman karena pergerakan bahu dan lengan Anda jadi sangat terbatas. Berikut ini merupakan 5 posisi terbaik bagi penderita patah tulang bagian selangka supaya bisa tidur dengan nyenyak hingga pagi.

1. Rebahan Seperti Biasa

Pertama cara tidur yang paling aman adalah dengan rebahan seperti biasa namun kurangi frekuensi gerakan. Jadi hindari gerakan berlebih saat tidur terutama pada area lengan dan bahu, hal ini bertujuan untuk mencegah timbulnya rasa sakit yang tidak diinginkan.

Gunakan kasur atau alas yang datar, tidak terlalu empuk maupun tidak terlalu keras. Ketika menggunakan alas tidur yang terlalu empuk, maka posisi tubuh tidak akan lurus. Hal tersebut cukup berbahaya untuk pasien patah tulang selangka.

2. Gunakan Bantal Tambahan

Berikutnya supaya bisa merasakan tidur nyenyak, pasien fraktur klavikula harus menggunakan bantal tambahan saat tidur terutama di malam hari. Tujuan utamanya yaitu menghindari kemungkinan patah tulang semakin parah sehingga harus operasi.

Agar posisi tidur semakin nyaman, gunakan beberapa bantal supaya posisi tubuh Anda bisa menjadi lebih tegak. Namun jangan berlebihan karena bantal terlalu tinggi justru akan membuat tidur jadi tidak nyaman bahkan menyebabkan sakit di area leher.

3. Tidur Posisi Miring

 

Selain menggunakan bantal tambahan, pasien fraktur klavikula juga bisa tidur nyenyak jika posisi tubuhnya miring. Caranya dengan menggunakan benda tertentu seperti guling, boneka, dan lain sebagainya sebagai penopang tubuh.

Misalnya jika yang patah adalah klavikula bagian kiri dan sudah dipasang pen, Anda bisa tidur dengan posisi miring ke kanan. Kemudian gunakan benda seperti guling untuk menopang punggung, cara ini cukup efektif untuk menimbulkan kenyamanan saat tidur.

4. Gunakan Penopang Punggung

Selanjutnya supaya tidur tetap nyenyak meski mengalami fraktur klavikula Anda bisa menggunakan penopang punggung. Cara ini wajib dilakukan terutama jika pasien baru saja melakukan pemasangan pen dan sudah tidak dirawat di rumah sakit.

Cara tersebut juga dapat membantu Anda untuk melakukan kontrol tangan lebih mudah dan tidak melakukan gerakan berlebih. Jadi Anda bisa tidur dengan nyaman tanpa khawatir salah posisi yang bisa menyebabkan patah tulang semakin parah.

5. Posisi Setengah Duduk

Posisi tidur terakhir yang wajib dicoba bagi pasien patah tulang selangka adalah setengah duduk. Cara ini hampir sama dengan menggunakan bantal tambahan, tapi nantinya posisi tubuh Anda akan jauh lebih tegak seperti duduk bersandar.

Supaya bisa menerapkan cara ini Anda harus memiliki sandaran tertentu, salah satunya adalah tembok. Di antara cara-cara lain, posisi setengah duduk termasuk salah satu cara paling aman dan nyaman jika pasien baru saja memasang pin.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Anda bisa tetap tidur dengan nyaman dan nyenyak meskipun mengalami fraktur klavikula dan menggunakan pen. Mulai dari rebahan lurus, menggunakan bantal tambahan, memasang penopang punggung, hingga posisi setengah duduk.

Pengobatan Patah Tulang Selangka Terbaik

Proses penyembuhan fraktur klavikula umumnya membutuhkan waktu cukup panjang. Namun dengan pengobatan dan perawatan yang tepat, maka proses tersebut bisa jadi lebih singkat. Berikut 5 cara pengobatan patah tulang selangka terbaik yang wajib Anda tahu.

1. Hindari Olahraga Berat

Supaya proses penyembuhan patah tulang bisa lebih cepat, sebaiknya hindari olahraga berat selama beberapa saat. Setidaknya Anda harus berhenti olahraga dengan intensitas gerakan fisik yang tinggi selama 3-4 bulan.

2. Kompres Secara Teratur

Berikutnya kompres area klavikula secara teratur dengan menggunakan es batu yang dilapisi kain. Tujuan utamanya adalah untuk mengurangi rasa nyeri serta sakit karena patah pada area tulang selangka.

3. Lakukan Gerakan Lengan Kecil

Jika kondisi lengan dan bahu mulai terasa membaik, Anda bisa melakukan latihan dengan gerakan-gerakan kecil. Misalnya gerakkan siku, tangan, dan jari secara perlahan supaya tidak menimbulkan rasa sakit.

4. Konsumsi Makan Sehat untuk Tulang

Konsumsi makanan bergizi juga berpengaruh dalam mempercepat proses penyembuhan fraktur klavikula. Konsumsi makanan dan minuman dengan nutrisi yang baik untuk tulang seperti ikan, kacang-kacangan, buah berry, susu, dan lain sebagainya.

Baca juga artikel kami tentang : Kandungan Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Tulang

5. Lakukan Fisioterapi

Terakhir pengobatan terbaik jika tulang selangka Anda patah adalah melakukan fisioterapi secara teratur. Cara ini sangat efektif untuk membantu klavikula kembali ke posisi yang benar, sehingga Anda tidak perlu melakukan prosedur operasi.

Gunakan jasa fisioterapis terpercaya seperti Fisiohome, sehingga Anda bisa langsung merasakan hasilnya. Selain itu Fisiohome juga menyediakan jasa fisioterapi rumahan, jadi Anda tidak perlu repot keluar rumah untuk mendapatkan terapi.

Cepat atau lambatnya proses penyembuhan fraktur klavikula dipengaruhi oleh beberapa faktor. Jika ingin mendapatkan proses cepat maka hindari olahraga berat sementara waktu, konsumsi makanan sehat untuk tulang, dan lakukan fisioterapi.

Bersama Fisiohome, Anda bisa melakukan fisioterapi kapan saja dan dimana saja sesuai dengan kebutuhan cukup hubungi kami di +62 882-9874-5399. Selain itu paket pertemuan yang disediakan juga sangat beragam, jadi pasien bisa menyesuaikan dengan keluhan patah tulang selangka yang dirasakan.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Fisioterapi

Fisioterapi Tangerang Solusi Atasi Sindrom Guillain Barre

Para penderita penyakit sindrom guillain barre sekarang tidak perlu khawatir sebab untuk mengatasi permasalahan susah gerak bisa memanfaatkan jasa fisioterapi Tangerang. Sindrom ini sebenarnya penyakit

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan