Penyakit Parkinson dengan Layanan Fisioterapi

Mengatasi penyakit parkinson selain menggunakan obat-obatan maka agar berjalan maksimal dan cepat sembuh bisa memanfaatkan fisioterapi. Parkinson ini termasuk dalam penyakit neurologis yang berkaitan dengan sistem saraf dimana bisa mempengaruhi areal kecil sel saraf pada otak substansia nigra.

Umumnya sel-sel Ini menghasilkan dopamin yang merupakan zat kimia dengan tugas mentransmisikan sinyal antar area otak dan mengkoordinasikan gerakan otot agar halus dan seimbang. Ketika penyakit menyerang maka sel saraf ini menjadi mati sehingga tubuh kehilangan kemampuan untuk mengontrol gerakan dan keseimbangan.

Hal ini sangat mengganggu dalam mobilitas sehingga harus diambil tindakan cepat sebelum memicu permasalahan lain. Jadi salah satu cara mengatasi penyakit parkinson adalah fisioterapi. Apalagi diperkirakan pada tahun 2030 jumlah penderita penyakit ini akan menjadi 2,5 kali lipat lebih banyak dibandingkan sekarang.

Kenali Gejala Pada Penyakit Parkinson

Agar bisa langsung mengatasi penyakit parkinson maka harus mengetahui seperti apa gejala ini. Jika Anda merasakannya Maka langsung memeriksa ke dokter agar diambil tindakan lebih lanjut. Inilah beberapa gejala yang dialami penderita yaitu:

1. Rafting Tremor

Gejala umum dan sering dianggap remeh oleh para penderita yaitu anggota gerak tubuh gemetar. Gejala ini bersifat asimetris dimana tidak hanya ada di satu sisi tubuh saja tetapi jika dibiarkan akan merambat ke sisi lain tubuh.

Tremor ini dapat terjadi walaupun sedang tidak melakukan aktivitas fisik yang diawali dengan gerakan antar ibu jari dan jari telunjuk yang bergerak ke depan dan belakang. Kondisi ini biasanya disebut sebagai pill-rolling tremor. Namun sebanyak 20% penderita ada yang tidak mengalami gejala ini.

2. Bradikinesia

Kondisi berupa perlambatan gerak dimana dirasakan di sebagian anggota gerak tubuh. Jadi penderita akan merasa adanya penurunan ketangkasan anggota gerak ketika melakukan aktivitas fisik. Pertama Anda akan merasa kesulitan ketika bangun dari tempat tidur atau kursi.

Kemudian akan akan membuat otot wajah menjadi lambat bergerak dengan berkurangnya ekspresi wajah atau jarang berkedip. Untuk bagian kaki Anda akan ke lambat dalam berjalan dan hanya melakukan langkah kecil saja. Bahkan dalam fase selanjutnya penderita bisa mengalami freezing saat berjalan

3. Rigiditas

Gejala lain yang bisa membantu untuk menilai apakah terkena penyakit ini adalah mengalami kondisi rigiditas yaitu kaku otot dan sendi. Penderita akan mengeluh adanya kekakuan dalam menggerakkan anggota tubuh salah satunya saat menggelengkan kepala. Kekakuan ini juga ditAndai dengan tulisan tangan menjadi kecil-kecil sehingga harus diambil tindakan untuk mengatasi penyakit parkinson sebelum semakin parah.

Faktor yang Menyebabkan Seseorang Menderita Penyakit Parkinson

Jika berbicara mengenai mengatasi penyakit parkinson maka harus tahu apa penyebab kemunculannya. Faktor utamanya yaitu produksi dopamin dalam otak mengalami penurunan sehingga beberapa sel saraf ada yang mengalami kematian di dalam substansia nigra.

Ketika dopamin mengalami penurunan produksi maka mengganggu sirkuit kelistrikan saraf di dalam ganglia basal terutama bagian yang mengendalikan gerakan tubuh perilaku dan fungsi kognisi.

Namun penyebab pasti mengapa terjadinya penurunan produksi dopamin ini belum diketahui sampai sekarang. Namun dipercaya terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan terjadinya risiko penyakit ini yaitu:

1. Usia

Usia merupakan salah satu faktor yang memberikan pengaruh potensi seseorang untuk terkena penyakit ini. Berdasarkan studi menunjukkan 1% dari penduduk di atas usia 60 tahun berisiko terkena Parkinson.

Bahkan meningkat menjadi 2% di kelompok usia lebih 65 tahun. Namun rata-rata usia munculnya penyakit ini ada di 57 tahun dan penderita Parkinson di usia bawah 50 tahun hanya sekitar kurang lebih 5-10% dari total keseluruhan.

2. Jenis kelamin

Bagi Anda yang memiliki jenis kelamin laki-laki memiliki potensi besar untuk terkena Parkinson dibandingkan dengan wanita. Hal ini ditunjukkan dengan rasionya mencapai 1,5 :1.

3. Faktor keturunan

Agar bisa mengatasi penyakit parkinson sebelum parah maka perhatikan apakah ada keluarga yang memiliki riwayat penyakit ini atau tidak. Jika ada maka tidak menutup kemungkinan pula Anda juga menderitanya di masa yang akan datang.

Mengatasi Penyakit Parkinson dengan Fisioterapi

Dalam mengatasi penyakit parkinson maka penderita diwajibkan untuk mengonsumsi obat-obatan. Tujuannya agar meringankan gejala sekaligus memperlancar perkembangan penyakit sehingga bisa sembuh.

Namun penderita penyakit ini memiliki permasalahan dengan anggota gerak sehingga kesulitan dalam beraktivitas. Bahkan jika penyakit ini terus dibiarkan maka penderita bisa kesulitan berbicara dan berjalan sehingga sulit untuk bergerak secara normal.

Jadi mengonsumsi obat-obatan saja tidak cukup sehingga harus dilakukan fisioterapi. Berikut beberapa manfaat fisioterapi untuk para pasien Parkinson yaitu:

1. Membantu meningkatkan mobilitas dan keseimbangan

Salah satu efek dari penyakit ini yaitu penderita terganggu dalam hal bergerak dan keseimbangan. Selain mengganggu dalam beraktivitas sehari-hari maka berpotensi membuat Anda terjatuh.

Pastinya efek dari terjatuh ini sangat berbahaya terutama untuk orang yang sudah lanjut usia. Jadi dengan adanya fisioterapi bisa membantu mengembalikan keseimbangan seperti semula sehingga dapat beraktivitas seperti orang normal.

2. Meningkatkan fleksibilitas

Mengatasi penyakit parkinson dengan fisioterapi bisa meningkatkan fleksibilitas penderita Parkinson. Karena salah satu manfaat dari fisioterapi yaitu meredakan kekakuan otot sehingga akan berpengaruh dengan kemampuan dalam bergerak.

Jadi fisioterapi bisa membantu Anda untuk menjalankan aktivitas fisik secara mandiri. Dalam terapi fisik ini terdapat teknik dan bentuk latihan gerakan yang beragam.

Biasanya berupa gerakan sederhana tetapi efektif seperti latihan berupa ayunan lengan, melakukan langkah kaki, latihan berbaris kursi, latihan keseimbangan tubuh dan masih banyak lagi. Nantinya terapis akan merekomendasikan bentuk latihan yang tepat sehingga proses penyembuhan berjalan dengan cepat.

Apakah Kegiatan Fisioterapi untuk Penyakit Parkinson Bisa Dilakukan di Rumah?

Jika Anda ingin mengatasi penyakit parkinson dengan fisioterapi tetapi enggan melakukannya Di rumah sakit akibat lokasi rumah yang jauh atau malas mengantri maka bisa melakukan kegiatan ini di rumah. Apalagi sekarang sudah banyak penyedia jasa fisioterapi yang bisa dipanggil ke rumah dimana sudah ahli di bidang ini sehingga tidak perlu dipertanyakan lagi kualitasnya.

Biasanya terapis telah mengikuti pelatihan sehingga memiliki sertifikat kompetensi di bidang fisioterapi. Apalagi melakukan terapi di rumah juga lebih nyaman karena santai dan terhindar dari gangguan lain. Jadi sesi terapi bisa dilakukan dengan fokus dan tidak diburu-buru akibat hanya mengobati satu pasien saja.

Bahkan ketika memanggil terapis ke rumah juga menghemat waktu karena tidak perlu merasakan macet. Karena diperhatikan secara pribadi maka bisa mendorong pasien untuk lebih aktif dan percaya diri ketika mengikuti setiap sesi. Hal ini juga mempermudah pasien untuk berkomunikasi dengan terapis sehingga bisa memberikan penanganan yang tepat.

Nantinya mudah bagi terapis untuk memberikan latihan yang sesuai dengan permasalahan pasien misalnya ada hambatan dalam mobilitas seperti sulit berjalan maka latihan akan disesuaikan untuk meningkatkan tugas-tugas tersebut. Jika Anda ingin mencari jasa fisioterapi yang bisa dipanggil kapan saja ke rumah maka bisa menggunakan Fisiohome.

Karena sudah ahli di bidang ini maka bisa mengatasi berbagai macam penyakit yang dapat disembuhkan melalui fisioterapi salah satunya adalah parkinson. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa menghubungi kami di +62 882-9874-5399. Dengan kemudahan dalam menjangkaunya maka semakin mempermudah dalam mengatasi penyakit parkinson secepat mungkin.

Klik Sekarang
Admin Fisiohome