Fisiohome

10 Penyebab Tangan Kesemutan dan Berbagai Cara Mengatasinya

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Tangan kesemutan merupakan suatu kondisi yang sudah sangat umum terjadi dan sering dialami oleh banyak orang. Biasanya kondisi ini ditandai dengan sensasi seolah ditusuk jarum hingga mati rasa pada tangan.

Selain itu, bagian tubuh lain juga dapat mengalami masalah satu ini, seperti kaki. Jika ringan, biasanya disebabkan posisi duduk atau tidur yang kurang tepat, seperti menyilangkan tangan/kaki dalam waktu lama.

Tidak jarang orang-orang meremehkan masalah satu ini karena memang biasanya hanya berlangsung sebentar. Bahkan, kebanyakan orang juga tidak melakukan tindakan khusus untuk menghilangkan rasa kesemutannya.

Jika kesemutannya masih ringan, umumnya akan menghilang sesudah berkurangnya tekanan di area tersebut. Akan tetapi, masalah ini hendaknya diwaspadai karena kerap kali menjadi pertanda penyakit, mulai dari diabetes hingga stroke.

 

10 Penyebab Tangan Kesemutan, Begini Penjelasannya

Apabila kesemutan atau parestesia dibarengi dengan berbagai gejala, seperti gatal, mati rasa, sakit, hingga pengecilan pada otot, perlu diwaspadai. Hal tersebut bukan tidak mungkin menjadi tanda beberapa masalah kesehatan berikut.

1. Neuropati Perifer

Penyebab pertama dari tangan kesemutan ialah seseorang menderita neuropati perifer. Penyakit tersebut merupakan rusaknya saraf perifer, yakni saraf yang fungsinya mengirim sensasi fisik dari organ tubuh ke otak serta sebaliknya.

Mulanya, neuropati perifer berawal dari area kaki dan tangan, kemudian bisa memburuk, seperti turunnya mobilitas hingga kecacatan. Biasanya, para pengidap masalah ini berasal dari kalangan lansia.

2. Rheumatoid Arthritis

Penyebab berikutnya ialah rheumatoid arthritis, yakni penyakit autoimun yang menyebabkan timbulnya peradangan di area sendi. Rheumatoid arthritis bisa menimbulkan sensasi nyeri atau kesemutan jika terjadi pada bagian siku.

3. Tidak Lancarnya Peredaran Darah

Tidak lancarnya peredaran darah merupakan penyebab utama terjadinya tangan kesemutan. Hal tersebut dipengaruhi oleh duduk terlalu lama, kurang baiknya posisi tidur, berat badan berlebih, atau melakukan gerakan berulang.

4. Diabetes

Kurang lebih 30 persen pengidap diabetes mengalami kondisi parestesia di bagian tangannya. Pada awalnya, kesemutan dimulai dari bagian kaki sampai tangan, bahkan sebagian pengidapnya menderita kerusakan saraf ringan sampai parah.

5. Carpal Tunnel Syndrome

Carpal tunnel syndrome ialah suatu masalah kesehatan akibat dari adanya tekanan dan iritasi pada saraf di pergelangan tangan. Biasanya pengidapnya tidak mampu menggenggam suatu benda atau terasa kesemutan.

Orang-orang dengan rutinitas berulang menggunakan jari atau tangannya berisiko mengalami carpal tunnel syndrome. Contohnya adalah seorang atlet voli, bulu tangkis, tenis, atau pekerja kantoran karena sering mengetik dalam waktu lama.

6. Hipotiroidisme

Penyebab tangan kesemutan selanjutnya ialah hipotiroidisme, yakni gangguan medis saat kelenjar tiroid menghasilkan sedikit hormon tiroid. Selain kesemutan, risiko gangguan ini adalah rusaknya saraf sehingga terasa lemah hingga mati rasa.

7. Serangan Jantung

Siapa sangka kondisi yang kerap disepelekan orang-orang ini ternyata merupakan salah satu gejala serangan jantung. Hal tersebut terjadi karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah sehingga aliran darah ke jantung terganggu.

8. Stroke

Tangan kesemutan juga dapat menjadi gejala dari stroke ringan sehingga harus diwaspadai. Pemicunya adalah rusaknya saraf-saraf tertentu akibat dari terjadinya penyumbatan pembuluh darah pada otak.

Anda perlu mewaspadai kondisi tersebut apalagi kalau kesemutannya diiringi gejala stroke ringan lainnya. Mulai dari hilang keseimbangan, pusing mendadak, kesulitan berbicara, hingga terjadinya gangguan pada penglihatan.

9. Epikondilitis

Tangan kesemutan bisa menjadi salah satu tanda bahwa Anda sedang mengalami epikondilitis. Masalah kesehatan satu ini adalah ketika terjadi peradangan pada tendon di area siku.

10. Vaskulitis

Penyebab terakhirnya adalah vaskulitis, yakni gangguan kesehatan dengan gejala adanya peradangan di bagian pembuluh darah. Gangguan tersebut bisa mengakibatkan perubahan pada pembuluh darah, mulai dari penyempitan, penebalan, penipisan, hingga penyumbatan.

Mengatasi Terjadinya Kesemutan, Begini Caranya

Selain memahami penyebab tangan kesemutan, penting juga untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Terlebih kalau masalah satu ini terjadi secara terus-menerus dan disertai keluhan lainnya, seperti gatal hingga mati rasa.

1. Gunakan Minyak Esensial

Cara mengatasinya yang pertama ialah menggunakan minyak esensial dengan cara mengoleskannya di area telapak. Sebelumnya, minyak esensial dapat dicampur dengan minyak zaitun, kemudian dipijat secara lembut.

Minyak esensial dapat dicoba sebab mempunyai sifat antiradang sekaligus pereda nyeri. Akan tetapi, penggunaannya harus dihindari bagi wanita yang sedang mengandung atau anak di bawah usia 2 tahun.

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Tangan kesemutan terkadang disebabkan karena seseorang kekurangan asupan vitamin. Maka dari itu, cara mengatasinya adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan bergizi seimbang, mencakup protein, sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

Walaupun pemenuhan nutrisi sebenarnya tidak dapat menggantikan pengobatan secara medis, tetapi tetap harus dilakukan. Hal tersebut karena asupan makanan sehat akan mendorong perbaikan jaringan saraf dan menjauhkan diri dari penyakit.

3. Kontrol Gula Darah

Seperti pada penjelasan sebelumnya, dikatakan bahwa diabetes merupakan salah satu penyebab dari parestesia. Apabila Anda termasuk penderita atau berisiko mengidap diabetes, hendaknya melakukan perawatan guna mengontrol gula darah.

Ada banyak cara untuk mengontrolnya, mulai dari menjalankan pola hidup sehat, mengurangi asupan gula, hingga meminum obat antidiabetes. Walaupun Anda tidak mengalami gejala neuropati, kontrol gula darah tetap perlu dilakukan.

4. Hindari Rokok & Alkohol

Menghindari rokok dan alkohol juga termasuk sebagai salah satu cara mengatasi kesemutan/parestesia. Hal tersebut karena merokok akan menimbulkan penyempitan pembuluh darah dan gangguan pada sirkulasi darah.

Jika sirkulasi darahnya kurang lancar, Anda lebih rentan mengalami gangguan kesehatan ini, termasuk nyeri hingga mati rasa. Begitu juga dengan meminum minuman beralkohol karena berisiko memperburuk gejala neuropati perifer.

5. Jaga Berat Badan

Berat badan ideal memang menjadi salah satu kunci merasakan hidup sehat, tidak terkecuali parestesia pada penderita diabetes. Berat badan berlebih akan memperparah penyakit tersebut sekaligus pemicu komplikasi berupa neuropati diabetik.

Demi memperoleh sekaligus menjaga berat badan ideal, terdapat banyak sekali caranya. Anda harus rutin sarapan pagi, minum air putih cukup, konsumsi gula secukupnya, rutin berolahraga, dan makan makanan bergizi seimbang.

6. Rutin Berolahraga

Cara mengatasi tangan kesemutan terlebih bagi pengidap carpal tunnel syndrome adalah rutin berolahraga. Secara khusus, terdapat beberapa gerakan melatih telapak dan jari, seperti menggoyangkannya selama 1—2 menit setiap jam.

Selain itu, bisa juga dengan memegang bola lunak dan diremas sekuat mungkin selama beberapa detik, kemudian dilepaskan. Olahraga tersebut juga akan meningkatkan kelenturan sendi hingga melancarkan aliran darah.

7. Terapi Fisik

Cara terakhirnya adalah dengan melakukan terapi fisik apabila kesemutannya terjadi karena cedera fisik. Misalnya, cedera tersebut didapatkan karena jatuh dari motor atau telapak tangannya tertimpa barang berat.

Dengan melakukan terapi, kesemutan sekaligus rasa nyeri akan mereda sehingga tangan dapat digerakkan seperti semula. Terapi semacam ini biasanya harus dilakukan oleh ahli fisioterapi sehingga ditangani dengan benar.

Jika sedang mencari fisioterapis profesional, Anda bisa mempercayakannya kepada Fisiohome, platform home visit fisioterapi pertama di Indonesia. Dengan menghubungi +62 882-9874-5399, fisioterapis akan datang untuk menangani tangan kesemutan dan lainnya.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Fisioterapi

Fisioterapi Jakarta Solusi Mudah Kembalikan Kebugaran Fisik

Seiring waktu berjalan, banyak orang membutuhkan fisioterapi Jakarta yang berpengalaman dan profesional. Hal ini bertujuan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya ketika kondisi fisik

Fisioterapi

Fasilitas Lengkap Fisioterapi Tangerang Selatan untuk Anda

Kebingungan dalam mencari fisioterapi Tangerang Selatan yang terpercaya? Melalui pembahasan ini, Anda tidak perlu khawatir lagi. Layanan fisioterapi menjadi salah satu metode kesehatan yang banyak

Fisioterapi

Biaya Fisioterapi Tangerang ke Rumah dan Cara Pesan

Melalui sesi fisioterapi Tangerang menjadi salah satu kebutuhan penting bagi setiap orang. Mengingat hal ini termasuk salah satu metode kesehatan terbaik serta memberikan banyak manfaat

Fisioterapi

Fisioterapi Bekasi Terdekat dengan Berbagai Manfaatnya

Saat ini layanan fisioterapi Bekasi bisa dimanfaatkan oleh semua masyarakat secara mudah. Bahkan layanan ini juga semakin dekat dengan berbagai kebutuhan masyarakat. Tentu saja hal

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan