Fisiohome

Budaya Hidup Sehat, Sudahkah Anda Menerapkannya?

budaya hidup sehat

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

FISIOHOME- Setiap orang pasti menginginkan kondisi tubuhnya dalam keadaan sehat selalu. Dengan kondisi tubuh yang sehat, menjalankan aktivitas sehari-hari pun menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Jika memang menginginkan untuk sehat, maka sudah semestinya menjalankan budaya hidup sehat. Untuk apa? Tentu untuk menciptakan kondisi tubuh yang sehat, terhindar dari segala bentuk risiko penyakit.

Lantas, apa itu budaya hidup sehat, seperti apa budaya hidup sehat, dan apa manfaat serta tujuan budaya hidup sehat? Simak artikel berikut ini.

Budaya hidup sehat merupakan pola tindakan terstruktur dan terencana yang bertujuan untuk menerapkan pola hidup sehat secara berkelanjutan, berfokus membuat tubuh menjadi lebih sehat dengan cara mengubah pola kebiasaan yang kurang baik ke arah lebih baik, lebih positif. Contohnya seperti memerhatikan makanan yang dimakan, mengolah pikiran, dan mengolah perasaan. Hal ini bertujuan agar kesehatan fisik dan mental tetap terjaga dengan baik.

Baca juga: Inilah 7 Manfaat Tindakan Fisioterapi pada Bayi

Budaya hidup sehat bisa juga disebut dengan gaya hidup yang berorientasi pada kesehatan mental dan fisik sehingga bisa meminimalkan berbagai risiko penyakit sedari awal.

Contoh Budaya Hidup Sehat

Berikut ini contoh budaya hidup sehat yang bisa diterapkan dalam kehidupan kita.   

Mencukupkan kebutuhan air minum (air putih atau air mineral)

60% tubuh manusia terdiri atas cairan. Oleh karena itu, perlu bagi kita mencukupi kebutuhan air setiap hari agar proses metabolisme tubuh berjalan dengan lancar. Disarankan mengonsumsi 7-8 gelas air mineral setiap harinya agar ginjal berfungsi dengan baik.

Bergerak dan berolahraga secara teratur

Bisa melakukan olahraga yang ringan atau sederhan. Misal, berjalan kaki di pagi hari selama 20-30 menit atau melakukan senam sederhana sambil menghirup udara segar di pagi hari. Bisa juga memlih olahraga yang disukai supaya lebih bersemangat dan bergairah saat berolahraga.

Sarapan

Makan di pagi hari atau sarapan memberikan banyak manfaat seperti memasok energi untuk menjalani hari-hari. Rutin sarapan di pagi hari akan lebih mudah memenuhi kebutuhan nutrisinya dibandingkan mereka yang jarang sarapan.

Baca juga: Inilah 8 Indikasi Tubuh Anda Butuh Fisioterapi

Konsumsi makanan bergizi seimbang

Makanan bergizi seimbang akan menjamin kekuatan sistem kekebalan tubuh yang dapat menahan serangan virus.  Dengan pola makan yang menjaga keseimbangan antara protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral, kita bisa mengurangi berbagai risiko penyakit.

Konsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayur punya peranan penting bagi tubuh karena mengandung berbagai macam vitamin dan mineral. Apalagi buah dan sayur yang kaya vitamin C dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.  Ada banyak sekali manfaat konsumsi buah dan sayur untuk menjaga kesehatan tubuh. Dianjurkan dokter gizi untuk konsumsi 3-4 porsi sayur dan 2-3 porsi buah atau setengah bagian piring berisi buah dan sayur setiap kali makan setiap hari.

Istirahat dan tidur yang cukup

Manfaat istirahat dan tidur bisa langsung dirasakan oleh tubuh, yaklni tubuh terasa lebih berenergi dan fit keesokan harinya. Selain itu, cukup tidur juga baik untuk menjaga fungsi otak. Sedangkan, kurang tidur menyebabkan badan lebih mudah lelah dan berkurang konsentrasi. Cukup istirahat 7-8 jam per hari dan hindari untuk terlalu sering begadang jika tidak dalam keadaan mendesak.

Melakukan meditasi atau yoga

Meditasi merupakan kegiatan untuk menenangkan pikiran dan jiwa. Membuat tubuh menjadi rileks dan santai.

Diet media sosial

Ini merupakan metode untuk membatasi penggunaan media sosial dalam keseharian. Kadang kala kita membutuhkan diet media sosial untuk menjaga kesehatan mental.

Melakukan hal positif

Pikiran positif memengaruhi kesehatan mental/mood dan berdampak bagi sekitar.

Baca juga: Cedera Olahraga yang Membutuhkan Bantuan Fisioterapi 

Menghindari alkohol dan kafein

Alkohol dan kafein tidak baik bagi tubuh karena dapat merusak organ hati.

Berhenti merokok

Selain menguras kantong, merokok juga berbahaya bagi kesehatan. Kandungan nikotin dan tar sangat berbahaya bagi tubuh.

Mengecek kesehatan secara berkala

Melakukan pemeriksaan berat badan, detak jantung, hingga tekanan darah. Melakukan tes urin dan tes darah juga bermanfaat untuk deteksi dini masalah kesehatan.

Manfaat dan Tujuan Budaya Hidup Sehat

Budaya hidup sehat memiliki banyak manfaat. Berikut ini manfaat dan tujuan budaya hidup sehat.

Meningkatkan kualitas mood

Kesehatan jiwa dan suasana hati juga memerlukan pola hidup sehat yang perlu dijalani. Olahraga dan aktivitas fisik membantu merangsang produksi endorfin yang membantu hati lebih rileks dan bahagia.

Olahraga membantu meningkatkan kualitas tidur. Kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk dapat memicu beragam masalah kesehatan. Kurang istirahat juga membuat mood menjadi buruk serta meningkatkan risiko penyakit.

Selain itu, mengonsumsi makanan sehat berpengaruh terhadap penampilan fisik yang lebih baik. Penampilan tubuh yang sehat meningkatkan rasa percaya diri sehingga hati juga lebih gembira.

Tubuh menjadi sehat dan dapat mencegah penuaan dini

Rutin berolahraga baik untuk kesehatan kulit, terutama meremajakan dan mencerahkan kulit. Ini karena saat melakukan olahraga, sirkulasi darah akan berjalan lebih lancar sehingga kulit mendapatkan suplai oksigen dan nutrisi yang cukup.

Perawatan kulit juga tidak hanya dari luar, melainkan dari dalam juga yakni dengan mengonsumsi makanan sehat. Kesehatan kulit juga dipengaruhi oleh asupan nutrisi dan gizi yang masuk dalam tubuh. Memiliki waktu istirahat yang cukup dapat membuat kulit juga ikut beristirahat sehingga kulit dapat memerbaiki sel atau jaringan yang rusak dengan optimal.

Baca juga: Penting! Mengapa Lansia Perlu Ke Fisioterapi?

Terhindar dari stres berlebih

Menerapkan pola makan sehat juga dapat memerbaiki suasana hati hingga menghindari stres berlebih. Olahraga dan aktivitas fisik membantu merangsang produksi endorfin yang membantu hati lebih rileks, bahagia, mengurangi depresi tanpa obat-obatan, dan terhindar dari stres berlebih.

Badan menjadi lebih sehat dan bugar

Ini karena nutrisi yang masuk ke dalam tubuh terpenuhi, sehingga metabolisme tubuh meningkat dan sistem imun terbentuk semakin kuat. Olahraga juga membantu meningkatkan kualitas tidur. Jika tidur berkualitas, tentu tubuh menjadi sehat dan lebih bugar.

Tubuh lebih berenergi

Kebutuhan nutrisi terpenuhi sehingga tubuh punya cadangan energi yang mencukupi sehingga dapat membantu menjalani rutinitas harian. Dengan begitu tidak akan mudah lelah dan kehabisan tenaga.

Menjaga berat badan agar tetap ideal

Penyakit datang pada tubuh yang obesitas, makan tidak dikontrol, dan sistem imunitas yang lemah. Oleh karena itu, penting untuk menjaga berat badan agar lebih ideal.

Rutin sarapan pagi dengan makanan sehat akan terhindar dari risiko obesitas. Karena sarapan dapat mencegah kenaikan kadar gula darah dan dapat menghindari rasa lapar berlebihan, dan membantu menghindari nafsu makan berlebih sehingga tidak akan ngemil berlebih. Aktivitas fisik yang rutin dilakukan juga membantu mencapai berat badan idaman.

Memiliki sikap dan cara berpikir yang positif

Ketika melakukan olahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang dapat memicu perasaan tenang, bahagia, akan merasa lebih positif dalam menjalani hidup, dan memandang berbagai hal dari sisi lain yang lebih netral sehingga turut membantu seseorang untuk dapat mengambil keputusan yang tepat.

Menjadi lebih bahagia

Ketika kesehatan mental terjaga, perasaan jadi tenang dan damai. Kondisi ini membuat mood lebih stabil, rasa percaya diri dan suasana hati meningkat.

Baca juga: Gangguan Kesehatan yang Bisa Ditangani dengan Fisioterapi

Hidup menjadi teratur

Setelah rutin melakukan kebiasaan sehat, hal tersebut memengaruhi berbagai macam aspek kehidupan sehingga aktivitas berjalan lebih baik dan terorganisir.

Mengurangi risiko terkena penyakit

Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh terpenuhi, sehingga metabolisme tubuh meningkat dan sistem imun terbentuk semakin kuat sehingga mengurangi risiko terkena penyakit.

Untuk pengenalan budaya hidup sehat seperti menjaga berat badan ideal dan olahraga teratur, serta pemberian saran mengenai posisi tubuh yang benar dalam beraktivitas guna mengurangi risiko cedera dan nyeri, maka diperlukan tindakan terapi fisik dari ahli fisioterapis.

Untuk info lebih lanjut tindakan fisioterapis untuk budaya hidup sehat, silakan hubungi Fisiohome. Fisiohome merupakan startup kesehatan platform call visit Fisioterapi (Fisioterapis datang ke rumah) dari Indonesia yang memberikan kemudahan bagi pasien untuk mendapatkan kenyamanan dalam menggunakan jasa pelayanan Fisioterapi di rumah, kapan pun dibutuhkan tanpa harus melalui proses yang rumit dan memakan waktu.

Sumber

https://www.sehatq.com/artikel/budaya-hidup-sehat-ada-manfaatnya-termasuk-untuk-umur-panjang

 

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Kesehatan

Pengobatan Fisioterapi Kandung Kemih yang Terlalu Aktif

Kandung kemih merupakan organ dalam tubuh yang terletak pada bagian bawah panggul, tentu pengobatan fisioterapi kandung kemih menjadi penting ketika terlalu aktif. Biasanya ini terjadi

Gangguan Tulang

Kandungan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang membutuhkan kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Kalsium menjadi salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan