Fisiohome

Fisioterapi Bagi Penyandang Disabilitas di Rumah dan Manfaatnya

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Fisioterapi bagi penyandang disabilitas perlu diperhatikan kehadirannya karena memberikan manfaat luar biasa. Fisioterapi adalah salah satu bidang ilmu kesehatan yang terfokus pada pemulihan dan pemeliharaan fungsi gerak tubuh.

Mulai dari alat gerak tubuh apapun, fungsi tubuh, dan lain sebagainya dapat dipelihara agar kembali normal menggunakan teknik terapi. Tentunya dalam melakukan terapi dilakukan oleh terapis profesional.

Apalagi terapi untuk penyandang disabilitas memerlukan sebuah perhatian khusus dari seorang terapis supaya tidak mengalami hal-hal merugikan. Perawatan terhadap orang-orang disabilitas dapat membantu mencapai tujuan mereka untuk menjalani hidup sehat.

Agar lebih tahu tentang fisioterapi bagi penyandang disabilitas, kami telah merangkum beberapa peran dan manfaatnya. Perawatan bisa dilakukan oleh fisioterapis yang sudah berpengalaman dan berlisensi di bidangnya.

Layanan fisioterapis membantu menyelesaikan permasalahan kesehatan semua orang, termasuk penyandang disabilitas. Kenal lebih dekat mengenai terapi profesional untuk orang disabilitas sebagai berikut agar tahu peran penting dan manfaat selengkapnya.

Mengenal Fisioterapi Bagi Penyandang Disabilitas

Fisioterapi disabilitas merupakan tindakan terapi yang dilakukan pada pasien penyandang disabilitas dengan kondisi tertentu. Setiap orang disabilitas dapat menggunakan layanan terapis untuk perawatan penyakit atau cedera tertentu.

Sedangkan fisioterapis merupakan ahli fisioterapi yang memiliki tugas membantu pemulihan pasien dari penyakit atau cedera. Terapi fisik menjadi salah satu pengobatan efektif untuk membantu orang cedera, terkena penyakit, atau cacat.

Karena terapi fisik menggunakan metode pelatihan secara manual, yakni gerakan dan saran mampu membuat kehidupan pasien lebih mudah. Pemulihan gerakan dan fungsi tubuh bisa kembali maksimal seperti sebelum-sebelumnya.

Fisioterapis handal dalam membantu pencegahan maupun rehabilitasi pada pasien yang mengalami kecacatan. Beberapa permasalahan seperti sakit leher, masalah panggul, paru-paru, sakit punggung, dan sebagainya dapat diterapi secara fisik agar normal kembali.

Seiring waktu berjalan, keberadaan fisioterapi bagi penyandang disabilitas semakin banyak dibutuhkan, terutama di Indonesia. Bukan tanpa alasan, karena terapis profesional dapat membantu meningkatkan kualitas hidup seorang disabilitas.

Agar tidak penasaran tentang keberadaan fisioterapis untuk merawat cedera cacat, berikut ini kami berikan penjelasan peran-perannya. Simak 5 peran penting terapis fisik dalam mengatasi pasien dengan kondisi cacat.

5 Peran Terapis Profesional untuk Disabilitas

Penyandang disabilitas merupakan setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, mental, atau sensorik dalam jangka waktu lama. Mereka cenderung terhambat dan kesulitan dalam berpartisipasi penuh bersama orang lain di sekitarnya.

Oleh karena itu, pelatihan fisik secara rutin dapat membantu seorang disabilitas menemukan kebahagiaan dalam hidupnya. Berikut ini adalah 5 peran utama fisioterapis dalam menangani pasien penyandang disabilitas.

1. Mendiagnosis Masalah

Peran pertama fisioterapi bagi penyandang disabilitas dimulai dengan melakukan diagnosis masalah pada pasien. Terapis akan mengevaluasi masalah kondisi dan kebutuhan pasien untuk memahami cara perawatan dengan menyusun langkah berikutnya.

2. Menekankan Pendidikan dan Pelatihan

Selanjutnya, seorang terapis secara profesional akan menekankan pendidikan beserta pelatihan kepada pasien. Hal ini bertujuan agar setiap pasien penyandang disabilitas mampu mandiri dalam mengurus diri sendiri tanpa dibantu orang lain.

3. Latihan Peregangan dan Penguatan Otot

Fisioterapis berperan aktif dalam memberikan latihan peregangan dan penguatan otot individu. Latihan ini memiliki tujuan untuk membuat alat gerak maupun fungsi tubuh tidak mudah cedera dalam waktu lama.

4. Membantu Pola Hidup Efektif dan Efisien

Fisioterapi bagi penyandang disabilitas berperan dalam membantu menerapkan pola hidup efektif dan efisien. Hal ini berguna bagi penyandang disabilitas agar bisa melakukan aktivitas sehari-hari tanpa mengeluarkan banyak tenaga.

5. Memulihkan Kondisi Tubuh

Fisioterapis secara langsung akan membantu memulihkan kondisi tubuh lebih cepat. Dengan menggunakan metode manual, modern, dan inovatif, kami dapat menangani disfungsi tubuh agar mendapatkan pemulihan penuh.

Manfaat Menggunakan Fisioterapis Bagi Disabilitas

Masalah cacat pada tubuh tentunya dapat mengganggu aktivitas keseharian pasien jika tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Hadirnya fisioterapis bagi seorang disabilitas tentunya akan memberikan manfaat luar bias.

Manfaat fisioterapi bagi penyandang disabilitas dapat meningkatkan kualitas hidup pasien dengan meningkatkan fungsi fisik. Kualitas hidup meningkat akan memudahkan seorang disabilitas menjalani aktivitas sehari-hari tanpa ada hambatan akibat cacat.

Kondisi cacat yang berlangsung seumur hidup tidak dapat disembuhkan, berkat fisioterapis menghasilkan manfaat lain yakni mendukung kemandirian pasien. Penyandang disabilitas bisa menjalani hidup mandiri, bahkan tidak memerlukan bantuan orang lain.

Dalam mengembangkan keterampilan hidup mandiri, seorang pasien akan diajarkan berbagai cara untuk makan, mandi, berpakaian, hingga berinteraksi bersama orang lain. Pengembangan kemandirian akan lebih mudah ketika dibantu oleh fisioterapis profesional.

Manfaat lain menggunakan fisioterapi berlisensi adalah untuk mencegah komplikasi maupun cacat yang berkaitan dengan disabilitas. Terapi fisik dapat menjaga kondisi pasien disabilitas agar tidak semakin parah.

Fisioterapi bagi penyandang disabilitas bermanfaat untuk meningkatkan mobilitas seorang penderita cacat. Mulai dari keseimbangan, koordinasi tubuh, kekuatan pada otot tubuh, serta kemampuan gerak pasien dipastikan akan terus meningkat.

Kondisi tubuh pasien yang mengalami disabilitas dapat menjadi lebih baik dengan syarat harus menggunakan terapis profesional. Jangan khawatir, beginilah cara mudah dalam memilih terapis profesional dan terpercaya.

Tips Memilih Terapis Profesional dan Terpercaya

Dalam menentukan terapis profesional dan terpercaya, Anda harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini. Berikut adalah tips tepat memilih terapis yang aman, terpercaya, dan dijamin profesional.

1. Berlisensi

Fisioterapi bagi penyandang disabilitas wajib memiliki lisensi izin praktik yang sah dari pihak yang berwajib. Hal ini membantu Anda lebih percaya terhadap penanganan terapi fisik bahwa sudah profesional dan aman.

2. Berpengalaman

Tentukan terapis dengan melihat pengalaman atau keahlian dalam menangani kondisi pasien disabilitas. Jangan asal memilih terapis karena sangat penting melihat jam terbang fisioterapis dalam menangani berbagai masalah kesehatan dari pasien.

3. Terkenal

Pilih terapis profesional yang sudah terkenal sehingga lebih terpercaya dan aman dipakai. Pastikan setiap pasien merasa nyaman dan percaya dengan cara memilih terapis terkenal di kalangan dunia fisioterapis.

4. Home Visit

Untuk memudahkan memakai layanan fisioterapi bagi penyandang disabilitas, pastikan tersedia home visit. Layanan perawatan dan pelatihan terhadap pasien di rumah lebih memudahkan karena tidak perlu datang ke klinik.

Beberapa cara memilih tenaga fisioterapis profesional dan berpengalaman tersebut bisa Anda terapkan. Salah satu tenaga fisioterapis terbaik di Indonesia adalah Fisiohome yang sudah berpengalaman menangani para pasien penyandang disabilitas.

Baca juga tentang : Layanan Fisioterapi Online, Keunggulan, Dan Cara Pemesanannya

Pesan Layanan Home Visit Fisiohome Sekarang Juga

Kami termasuk startup kesehatan yang menyediakan layanan home visit fisioterapi di Indonesia. Pasien cukup memesan kami secara online, maka tenaga fisioterapi akan datang mengunjungi rumah Anda.

Fisiohome dapat memberikan kemudahan bagi semua pasien penyandang disabilitas agar hidup berkualitas dengan layanan fisioterapi di rumah. Anda dapat berkonsultasi dengan kami secara gratis untuk menentukan jadwal visit terapi fisik.

Proses pemesanan tenaga fisioterapis bersama kami sangat mudah dengan menghubungi Fisiohome melalui nomor +62 882-9874-5399. Customer service kami akan melayani konsultasi pasien dalam 24 jam nonstop.

Bagi Anda yang ingin memesan layanan kami, segera konsultasi sekarang agar memperoleh informasi lebih lengkap. Gunakan fisioterapi bagi penyandang disabilitas profesional agar memperoleh manfaat kesehatan bagi pasien hanya di Fisiohome.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Fisioterapi

Jasa Fisioterapi Datang ke Rumah untuk Sakit Lutut

Sekarang bagi Anda yang butuh jasa fisioterapi datang ke rumah hanya perlu menjentikkan jari saja. Sehingga bagi Anda yang khususnya membutuhkan perawatan tersebut tidak perlu

Fisioterapi

Fisioterapi Tangerang Selatan Terbaik untuk Atelektasis

Fisioterapi Tangerang Selatan merupakan pilihan terbaik untuk menyembuhkan atelektasis. Ini merupakan penyakit yang berbahaya dan bisa saja mengancam jiwa, bahkan untuk semua kalangan usia. Lebih

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan