Fisiohome

Manfaat Stretching Bagi Karyawan Kantoran, Bikin Aktivitas Kerja Makin Produktif!

stretching untuk karyawan

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

FISIOHOME-  Di tengah aktivitas pekerjaan yang padat, sebagai seorang karyawan stretching dapat menjadi salah satu gerakan yang dapat dipraktekkan agar dapat menjaga fleksibilitas otot. Terlebih bagi Anda yang ketika bekerja hanya melakukan aktivitas yang monoton seperti duduk selama berjam-jam di depan komputer.

Oleh karena itu, gerakan-gerakan yang sederhana dalam stretching dapat menjadi alternatif yang dapat dipilih untuk menjaga kebugaran tubuh. Nah, tahukah Anda manfaat apa saja manfaat stretching bagi karyawan kantoran?

Perlu diketahui, stretching merupakan tindakan yang dilakukan untuk melepaskan ketegangan otot, sendi, ligamen, dan tendon. Dalam hal lain, stretching ini juga menjadi aktivitas yang sangat efektif dalam menjaga otot-otot tubuh agar tetap lentur, sehat, dan kuat.

Baca juga: Atasi Gangguan Pernapasan Dengan Fisioterapi Dada, Lakukan Teknik Berikut!

Manfaat Stretching bagi Karyawan Kantoran

Pada dasarnya, dalam melakukan stretching, seseorang akan melakukannya sebagai gerakan pemanasan sebelum berolahraga atau pendinginan setelah olahraga. Dikutip dari laman Kemkes.go.id, stretching dinilai mampu menyehatkan tubuh bagi karyawan kantoran karena alasan berikut.

  • Gerakan stretching yang dilakukan secara tepat dapat melancarkan aliran darah. Hal tersebut dikarenakan, terlalu lama bekerja dalam posisi sama akan membuat sirkulasi darah Anda agak terhambat sehingga berpotensi memicu tekanan darah tinggi;
  • Keseimbangan dan koordinasi tubuh juga mudah bermasalah jika Anda jarang menggerakkan tubuh di sela-sela pekerjaan. Jadi, Anda dapat meluangkan waktu untuk meregangkan otot tubuh agar tidak terjadi kelelahan atau pegal;
  • Banyaknya tanggung jawab kerja secara perlahan akan mengurangi performa tubuh Anda jika tidak diimbangi olahraga. Gerakan stretching dianggap membantu dalam menjaga hingga meningkatkan kinerja dan kebugaran tubuh Anda selama mengerjakan sekumpulan tugas;
  • Kekakuan otot di sekitar pinggul dan punggung bagian bawah pastinya akan mengganggu Anda sepanjang beraktivitas. Untuk menurunkan sensasi nyeri tersebut, Anda dapat melakukan latihan fisik ringan seperti peregangan secara teratur;
  • Tekanan kerja yang tinggi tak hanya memberi dampak buruk terhadap fisik, tetapi juga mental seperti stres berkepanjangan. Stretching akan menurunkan gangguan tersebut berkat lancarnya sirkulasi darah yang mendistribusikan oksigen dan nutrisi ke otak Anda.

Gerakan stretching sangat fleksibel dilakukan dimanapun, bahkan jika Anda tidak memiliki waktu berolahraga karena aktivitas kantor yang padat. Ya, Anda dapat melakukan gerakan yang sederhana ini di ruangan Anda. Gerakan melenturkan leher baik ke depan-belakang, kanan-kiri, serta memutar secara perlahan, dapat menjadi pilihan yang bisa dilakukan.

Baca juga: Penting! Mengapa Lansia Perlu Ke Fisioterapi?

Jenis Stretching

Sebelum melakukan beberapa gerakan stretching, Anda perlu mengetahui beberapa jenis yang dapat Anda pilih. Ingat, pilihlah jenis gerakan stretching yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Jangan memaksakan diri untuk mendapatkan hasil secara cepat, karena gerakan ini akan sangat bermanfaat jika dilakukan secara bertahap dan konsisten.

Nah, dibawah ini merupakan jenis stretching yang dapat Anda pilih untuk membantu melenturkan kejenuhan otot dan sendi Anda selama beraktivitas di kantor.

Static stretching

Merupakan jenis stretching yang dapat dibilang paling umum sekaligus dinilai merupakan yang paling aman sebagai langkah untuk meregangkan otot-otot tubuh. Peregangan statis (static stretching) biasanya digunakan untuk meningkatkan panjang, kekuatan, serta kelenturan otot. Peregangan ini juga dinilai sangatlah cocok untuk dilakukan setelah Anda selesai berolahraga.

Static stretching dilakukan dengan meregangkan kelompok otot yang ditargetkan hingga Anda merasakan otot tersebut menegang. Tahan posisi tersebut selama 15–60 detik.

Dynamic stretching

Tak seperti halnya static stretching, peregangan dinamis (dynamic stretching) dapat dilakukan  dengan cara untuk melakukan  beberapa gerakan tertentu sebanyak 10 hingga 12 kali yang dilakukan secara berulang, kemudian pada setiap seri Anda dapat meningkatkan jangkauannya di setiap gerakan.

Gerakan ini dapat dipilih berdasarkan olahraga yang akan dilakukan. Salah satu contoh mengenai dynamic stretching ini adalah gerakan memutar bahu dan tangan yang sering dilakukan oleh para perenang.

Proprioceptive neuromuscular facilitation (PNF)

PNF merupakan jenis peregangan otot yang dapat dilakukan untuk meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerak tubuh secara lebih maksimal. Stretching jenis ini biasanya akan dimulai dengan meregangkan otot seperti biasa. Setelah itu, seorang yang mempraktikannya dapat mengencangkan otot yang sedang diregangkan tanpa bergerak,kemudian tahan selama 6–10 detik, dan lepaskan. Nah, Anda dapat mengulangi gerakan ini dengan jangkauan peregangan otot yang semakin jauh di tiap gerakannya.

Balistic stretching

Peregangan balistik (balistic stretching) merupakan jenis stretching yang biasanya dipraktekkan oleh para atlet atau olahragawan. Jenis peregangan satu ini diketahui dapat membantu mereka dalam meningkatkan performa seperti melompat atau menendang. Jenis stretching ini akan menggunakan gerakan memantul dan menyentak untuk mendorong otot melampaui rentang gerak normalnya. Biasanya pesepakbola akan melakukan jenis stretching ini yang dilakukannya dalam sesi pemanasan sebelum mereka melakukan latihan.

Baca juga: Tidak Perlu Repot, Fisiohome Hadirkan Layanan Home Visit Fisioterapi

Urutan Stretching yang Benar untuk Pegawai Kantoran

Meskipun sebagai karyawan kantor Anda hanya melakukan aktivitas duduk atau gerakan monoton lainnya, membuat otot-otot tubuhmu aktif menjadi sebuah keharusan. Pergi ke lokasi gym ketika makan siang tiba adalah ide buruk untuk dilakukan. Lantas, apa yang bisa Anda pilih untuk dilakukan? Berikut adalah beberapa gerakan stretching sederhana yang dapat Anda lakukan.

Dikutip dari laman resmi Dinas Kesehatan, agar tetap bugar di kantor, Anda dapat melakukan beberapa urutan stretching di tempat kerja berikut.

  1. Tarik tangan ke depan
  2. Tarik tangan ke atas
  3. Tarik siku ke belakang kepala secara bergantian ke kanan dan kiri
  4. Tarik tangan ke atas kembali
  5. Angkat bahu ke atas dan ke bawah
  6. Tarik tangan ke belakang secara bergantian ke kanan dan kiri
  7. Rapatkan telapak tangan, kemudian tarik ke bawah
  8. Putar telapak tangan yang telah dirapatkan ke bawah
  9. Angkat tangan secara bergantian naik dan turun
  10. Silangkan badan kemudian tarik lutut ke arah yang berlawanan
  11. Pegang pinggang secara tegak kemudian tegakkan pandangan ke atas
  12. Goyangkan tangan ke kanan dan kiri secara bersamaan

Baca juga: Cara Memulihkan Patah Tulang yang Harus Anda Ketahui 

Agar manfaat dari gerakan stretching ini maksimal, Anda juga perlu mengubah beberapa aktivitas di kantor Anda seperti memperbaiki posisi duduk, memanfaatkan waktu istirahat secara baik, aktif di jam istirahat, serta melakukan peregangan ringan setiap 30-60 menit sekali.

Nah, demikian manfaat stretching bagi karyawan kantoran yang dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai upaya meningkatkan produktivitas di saat jam kerja. Sesekali, Anda pun juga dapat melakukan konsultasi ke dokter atau ahli untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat. Fisiohome, dapat menjadi pilihan bagi Anda untuk mendapatkan jasa layanan fisioterapi sesuai kebutuhan Anda. Pesan fisioterapis secara mudah dan atur jadwal sesuai keinginan Anda sekarang!

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Kesehatan

Pengobatan Fisioterapi Kandung Kemih yang Terlalu Aktif

Kandung kemih merupakan organ dalam tubuh yang terletak pada bagian bawah panggul, tentu pengobatan fisioterapi kandung kemih menjadi penting ketika terlalu aktif. Biasanya ini terjadi

Gangguan Tulang

Kandungan Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang membutuhkan kandungan makanan yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi. Kalsium menjadi salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan