Daftar Penyakit yang Memerlukan Fisioterapi, Apa Saja?

Mungkin jarang orang tahu, sebenarnya penyakit yang memerlukan fisioterapi itu apa saja? Perlu diketahui, fisioterapi sendiri merupakan rehabilitasi fisik untuk berbagai macam penyakit yang dilakukan oleh terapis tersertifikasi.

Tujuan dari dilakukannya perawatan ini ialah untuk meningkatkan mobilitas pasien, memperbaiki fungsi, gangguan. Serta kualitas hidup seseorang agar menjadi lebih baik ketika mengalami cacat atau cidera.

Bentuk layanan fisioterapi meliputi terapi okupasi, terapi elektroterapi dan masih banyak lagi. Ada berbagai macam penyakit yang dapat dipercepat penyembuhannya lewat terapi ini, kita akan membahasnya secara tuntas.

Daftar Penyakit yang memerlukan fisioterapi

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, ada berbagai macam penyakit yang dapat disembuhkan lewat terapi ini. Berikut ini beberapa jenis penyakit yang dapat disembuhkan lewat fisioterapi, antara lain :

1. Gangguan fleksibilitas

Urutan pertama penyakit yang memerlukan fisioterapi ialah gangguan fleksibilitas. Pasien yang baru saja pulih dari cedera atau baru menjalani operasi akan memerlukan banyak waktu untuk beristirahat.

Agar bisa menjalani aktivitas normalnya, fleksibilitas ini menjadi sebuah tantangan tersendiri. Tubuh tidak dapat leluasa digerakkan seperti sebelumnya sebab timbul rasa sakit bekas operasi maupun cedera.

Layanan fisioterapi ini akan dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah fleksibilitas ini. Dengan begitu otot tubuh dapat berkoordinasi dengan baik dan juga dapat mengembalikan kekuatannya.

2. Vertigo

Vertigo sendiri ditandai dengan rasa pusing hingga menyebabkan sensasi seperti berputar-putar. Penyebabnya ialah gangguan pada saraf yang menghubungkan ke telinga, peran terapi ini ialah mengurangi gejala dari vertigo.

Fisioterapi ini juga dapat menurunkan kambuhnya vertigo di kemudian hari, serta mengurangi pusing dan juga meminimalisir durasi episode vertigo. Bahkan dapat mengatasi kesulitan berjalan karena penyakit satu ini.

3. Gangguan Pernapasan dan Kardiovaskular

Gangguan Pernapasan dan Kardiovaskular juga merupakan penyakit yang memerlukan fisioterapi. Gangguan pernapasan di sini dapat berupa asma yaitu peradangan, penyakit ini terjadi pada saluran pernapasan. Fisioterapis akan merekomendasikan teknik pernapasan.

Paling tepat untuk mengobati gangguan, meskipun metode ini cukup efektif tetapi tidak dapat menjadi pengganti obat dokter. Tidak hanya itu, penyakit kardiovaskular seperti masalah jantung serta pembuluh darah.

Bisa diatasi oleh terapi ini, biasanya fisioterapi sendiri dilakukan pada para penderita penyakit jantung kronis. Maupun rehabilitasi usai pasien yang tengah mengalami serangan jantung kronis.

4. Cedera Sendi

Ketika melakukan kesalahan dalam gerakan berolahraga atau tidak dapat menjaga keseimbangan tubuhnya hingga terjatuh dapat menimbulkan cedera sendi. Dengan melakukan fisioterapi akan dapat mengurangi rasa sakit di bagian sendi terkilir.

Fisioterapi juga bisa membantu Anda agar tidak tergantung pada obat-obatan penghilang nyeri. Ketika melakukan terapi, pasien dapat memperoleh pijatan serta terapi panas atau dingin, tujuannya untuk menghilangkan nyeri sendi.

5. Inkontinensia Urine

Selain beberapa penyakit di atas, inkontinensia Urine juga merupakan penyakit yang memerlukan fisioterapi. Inkontinensia Urine sendiri ialah ketidakmampuan seseorang untuk menahan buang air, dalam mengobati kondisi tersebut.

Anda tidak perlu menjalani operasi hanya cukup dibantu dengan fisioterapi. Para pasien nantinya oleh terapis akan diajarkan latihan dasar panggul khusus. Selain itu diharapkan pasien mampu mengubah gaya hidup buruknya.

6. Achilles Tendonitis

Achilles tendonitis merupakan penyakit yang memerlukan fisioterapi, dapat menyebabkan rasa sakit pada bagian belakang kaki di atas tumit. Umumnya hal itu terjadi sebab adanya cedera pada tendon Achilles.

Tendon ialah pita jaringan fungsinya untuk menghubungkan antara otot dengan tulang, khususnya otot betis ke tulang tumit. Umumnya hal tersebut terjadi sebab peningkatan tiba-tiba saat berolahraga atau beraktivitas.

Serta kurang pemanasan, dan beberapa aktifitas lainnya. Penyakit Achilles tendonitis ini sendiri juga termasuk salah satu kondisi yang bisa diobati atau disembuhkan dengan perawatan fisioterapi.

7. Nyeri punggung dan leher

Nyeri punggung dan leher juga merupakan sebuah penyakit yang memerlukan fisioterapi. Nyeri pada punggung dan juga leher sebetulnya merupakan hal umum atau sering terjadi pada seseorang.

Nyeri tersebut bisa terasa begitu sakit dan kerap kali memengaruhi aktivitas sehari-hari selama masih terasa sakit. Sebagian besar nyeri punggung serta leher bisa diminimalisir hingga diobati dengan fisioterapi.

8. Arthritis

Pengobatan untuk osteoarthritis ialah pijatan dan juga penggunaan modalitas seperti ultrasound dan juga panas. Hidroterapi atau terapi menggunakan air hangat juga dapat membantu mengurangi nyeri arthritis serta melancarkan pergerakan sendi.

9. Nyeri Lutut

Sangat direkomendasikan bagi seseorang penderita nyeri lutut untuk dapat melakukan perawatan fisioterapi. Kunci utama untuk dapat menyembuhkan nyeri lutut dengan terapi ini ialah diagnosis yang tepat dari lokasi nyeri.

Hal itu bisa disebabkan oleh banyaknya diagnosis berbeda-beda dan juga rencana untuk perawatan. Harus disesuaikan dengan hasil diagnosis yang keluar pada setiap pengidap penyakit ini.

10. Patah tulang dan dislokasi

Urutan berikutnya penyakit yang memerlukan fisioterapi adalah patah tulang dan dislokasi. Patah tulang atau fraktur ialah saat tulang mengalami tekanan berlebihan hingga patah, diskolasi terjadi saat 1 tulang copot.

Dari porosnya hingga menyebabkan pemisahan dan melakukan fisioterapi tepat waktu akan dapat mengurangi gejala, rasa sakit serta mengembalikan ke semula. Jadi bila mengalami patah tulang lakukan terapi ini.

11. Gangguan Neurologis

Neurologis sendiri ialah ilmu kesehatan yang berkaitan dengan sistem saraf manusia. Perawatan ini dapat membantu para pasien dengan gangguan saraf, antara lain seperti mengalami kelumpuhan karena penyakit stroke yang dideritanya.

Rutin menjalani perawatan akan dapat mengembalikan kemampuan otot yang lumpuh, agar bisa bekerja sebagaimana mestinya. Terapi ini juga baik dijalani pasien penderita penyakit Parkinson dan juga Multiple Sclerosis.

12. Osteoporosis

Osteoporosis juga merupakan salah satu penyakit yang memerlukan fisioterapi. Dengan bertambahnya usia maka persendian serta otot tubuh akan mulai melemah. Risikonya Anda dapat rentan terkena cedera atau komplikasi lainnya.

Dengan konsultasi kepada fisioterapis, maka Anda dapat memperoleh saran guna meningkatkan koordinasi serta gerakan yang mendukung kekuatan otot. Bagi penderita osteoporosis, juga dapat enstimulasi pertumbuhan tulang.

13. Gangguan muskuloskeletal dan multiple sclerosis

Banyak pasien dengan kondisi gangguan muskuloskeletal ini yang fungsi badannya dapat kembali normal sesudah mendapatkan pengobatan fisioterapi. Terapi ini memang mempunyai berbagai macam cara untuk mengobati penyakit apapun.

Tentunya dengan teknik-teknik yang mencakup seperti peregangan otot, latihan sendi, terapi berdasarkan pemicu, dan juga akupuntur. Jadi bila mengalami gangguan ini, jangan ragu untuk melakukan fisioterapi.

14. Kondisi jantung dan pernapasan

Selain penyakit di atas, masalah jantung dan pernapasan juga merupakan penyakit yang memerlukan fisioterapi. Fisioterapis di pusat rehabilitasi jantung tugasnya membantu para pasien untuk menerapkan cara berhenti merokok.

Seorang fisioterapis juga dapat menggunakan beberapa teknik tertentu guna mengeluarkan lendir dari paru-paru agar pernapasan bisa lebih lega. Sedangkan untuk penyakit asma, biasanya fisioterapis menyarankan pasiennya untuk menerapkan.

Gaya hidup sehat dengan cara melakukan latihan khusus. Secara keseluruhan, teknik tersebut bisa meningkatkan kualitas hidup para pasien, jadi tidak heran dibutuhkan Fisioterapis di pusat rehabilitasi jantung.

Bila Anda atau kerabat mengalami salah satu penyakit di atas dan membutuhkan fisioterapi, kini tidak perlu bingung. Sebab sudah ada Fisiohome, Fisiohome sendiri ialah platform home visit fisioterapi.

Pertama di Indonesia yang menawarkan solusi untuk segala macam persoalan gerak dan juga fungsi tubuh. Di mana tidak ada lagi jarak dan juga waktu yang menjadi penghalang bagi pasien.

Untuk bisa mendapatkan pelayanan fisioterapi kapanpun dan di manapun, bila tertarik hubungi +62 882-9874-5399. Sebab para ahli di Fisiohome dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit yang memerlukan fisioterapi.

Ingin Mencoba Metode Fisioterapi Bekasi? Siapkan 5 Hal Ini

Terapi fisik atau fisioterapi Bekasi merupakan salah satu metode untuk memeriksa, menangani, dan mengevaluasi seseorang dengan masalah kesehatan tertentu. Tindakan medis ini dapat mengatasi keterbatasan

Trauma Berat? Gunakan Fisioterapi Depok, Rasakan Manfaatnya

Fisioterapi Depok merupakan salah satu metode terbaik untuk menyembuhkan penyakit, cedera, atau permasalahan kebugaran fisik. Jika Anda ingin menggunakan layanan terapi fisik, tentunya harus mengetahui