Fisiohome

Fisioterapi Prostetik Ortotik Pengobatan Gangguan Gerak Tubuh

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Fisioterapi prostetik ortotik ini merupakan salah satu dari sekian banyak metode pengobatan di bidang kesehatan. Prostetik ortotik ini jadi terobosan dan inovasi di bidang kesehatan yang sangat canggih sekali.

Hal ini disebabkan penerapannya mampu membantu kepada mereka yang mengalami kendala ataupun gangguan gerak pada tubuh. Seperti halnya kecacatan hingga amputasi anggota badan yang akan dibantu oleh metode satu ini.

Mengenal Sekilas Tentang Fisioterapi Prostetik Ortotik

Prostetik ortotik ini ialah salah satu dari pelayanan kesehatan yang bisa Anda temukan langsung di Fisiohome dibawah naungan dari PT Revolusi Kesehatan Indonesia. Pelayanan kesehatan satu ini bertujuan untuk membuat dan pemasangan alat bantu bagi para pasien yang kehilangan anggota gerak tubuh.

Layanan ini dilakukan oleh tenaga profesional yang dikenal dengan sebutan ortotis prostetis. Nantinya, tenaga profesional di bidang tersebut akan memberikan pengobatan terkait dengan keterbatasan fisik maupun fungsi tubuh.

Yang mana disebabkan oleh berbagai penyakit, cacat, amputasi anggota tubuh dan lainnya. Mereka bakal melatih pasien dan melakukan perencanaan serta memonitor orthosis dan prostesis.

Kemudian, prosedur pengobatan satu ini dilakukan oleh profesional di Fisiohome meliputi penilaian kondisi fisik pasien, pemilihan alat bantu yang diperlukan pasien, mendesain alat bantu pasien yang sudah disesuaikan dengan diagnosis, pengukuran alat bantu sesuai dengan anatomi tubuh pasien dan lain sebagainya.

Adapun tugas dari fisioterapis prostetik ortotik ini sangat beragam sekali dengan berbagai anggota gerak tubuh yang tidak normal pada manusia, seperti halnya anak dengan gangguan cerebral palsy, pasien yang mengalami amputasi pasca kecelakaan, kelemahan pada otot karena stroke dan masih banyak lagi lainnya.

Bidang kesehatan prostetik ortotik ini tidak bisa bekerja secara mandiri, sebab mesti digabungkan bersama dengan tim rehabilitas medis. Kemudian, tenaga ahli ortotis inilah yang akan ditugaskan membuat alat bantu khusus pasien. Sementara itu, fisioterapi prostetik ortotik ini dilakukan guna melatih kekuatan otot bagi para pasiennya.

Baca juga artikel kami tentang : Standar Layanan Fisioterapi Terbaik Dari Fisiohome

Kenali Berbagai Jenis Alat Bantu Ortotik yang Penting Diketahui

Fisioterapi prostetik ortotik ini jadi salah satu metode untuk membantu pasien yang sedang mengalami gangguan gerak pada tubuhnya. Di samping pula, ada beberapa jenis alat bantu ortotik yang penting untuk Anda ketahui dalam dunia medis dan kesehatan guna membantu pasien, di antaranya adalah:

1. Alat bantu ortotik pada pergelangan kaki

Alat bantu satu ini bernama foot drop braces atau ankle foot orthotics ini merupakan penyangga yang berbentuk menyerupai huruf L guna meringankan bagian pergelangan kaki dan kaki. Nantinya, bakal menyatukan sendi serta otot ke bentuk yang semula dan kaki bagian bawahnya.

Alat bantu tersebut juga terbuat dari bahan logam kaku serta plastik dan juga memanjang sampai ke bagian betis. Selanjutnya, akan diisi dengan tali supaya mampu menahan alat dengan cara menyambungkan ke posisi kaki. Ankle foot orthotics atau AFO ini jadi jenis alat bantu ortotik yang sering digunakan di Amerika Serikat.

2. Alat bantu ortotik kaki

Selanjutnya, fisioterapi prostetik ortotik dengan alat bantu kaki yang akan menjadi pengganti sepatu. Tujuannya untuk menggeser berat kaki dan tungkai, serta pula memberikan keseimbangan pada tubuh Anda sehingga tidak mudah terlepas. Alat bantu sepatu ini pun bakal disesuaikan dengan menyerupai bentuk sepatu asli milik Anda.

3. Alat bantu ortotik bagian pinggul, lutut dan pergelangan kaki

Selanjutnya, ada jenis pemeriksaan yang dikenal dengan HKAFO, didesain untuk menentukan kelainan atau disfungsi pada bagian lutut, pinggul maupun pergelangan kaki, termasuk juga di dalamnya seperti ketidakstabilan tubuh, kelemahan pada otot, cedera atau trauma, hingga penyakit neuromuskular.

HKAFOA ini juga akan disertakan pula opsi penyangga KAFO pada bagian tambahan sendi pinggul dan panggul. Hal ini bakal mengontrol mobilitas sendi pinggul seperti halnya rotasi pada bagian sisi ke sisi lainnya. Kemudian, alat bantu ini bisa membuat stabil tulang belakang bagian bawah serta pinggul khusus untuk kelumpuhan atau kelemahan pada otot.

4. Alat bantu ortotik untuk bagian tulang belakang

Apabila ada seorang anak yang tubuh dukungan dengan alat fisioterapi prostetik ortotik pada bagian tubuh atas, maka dibutuhkan juga alat ortotik tulang belakang. Hal ini bertujuan supaya mereka bisa terbantu untuk duduk dan berdiri serta membantu Anda untuk mengendalikan tubuhnya saat berjalan.

5. Alat bantu ortotik lutut

Alat bantu fisioterapi prostetik ortotik lutut ini ialah jenis alat penyangga yang bisa menopang serta menyelaraskan bagian sendi lutut. Dengan alat tersebut, nantinya akan disesuaikan memanjang mulai dari atas sampai bagian bawah lutut Anda.

Baca juga artikel kami tentang : Manfaat Pentingnya Jasa Fisioterapi Sport Injury Berat

Prosedur Layanan Fisioterapi Prostetik Ortotik untuk Mengatasi Gangguan Gerak Tubuh

Gangguan gerak tubuh sebenarnya banyak dijumpai oleh masyarakat Indonesia. Yang mana kelainan pada sistem gerak ini adalah sejumlah penyakit saraf yang bisa menyebabkan gerak tubuh jadi bermasalah, seperti halnya gerak tubuh yang lambat atau tidak bisa dikontrol, serta kesulitan bergerak.

Gangguan kesehatan satu ini rupanya sangat mengganggu sekali karena dapat menghambat seseorang melakukan aktivitas sederhana seperti menulis, jalan santai, bersepeda, berkendara bahkan juga tersenyum.

Apabila ditemukan gangguan ini pada diri Anda ataupun orang di sekitar, maka dapat langsung konsultasi di Fisiohome yang berada dibawah naungan PT Revolusi Kesehatan Indonesia.

Seorang tenaga ahli fisioterapi prostetik ortotik ini bakal merawat pasien dengan anggota gerak yang tidak normal seperti halnya pada anak-anak dengan gangguan cerebral palsy. Mereka yang pernah mengalami kecelakaan dan berujung amputasi bagian tubuhnya, pasien dengan kelemahan otot pasca cedera tulang belakang atau stroke dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk prosedur yang diterapkan oleh tenaga ahli pun tidak bisa dilakukan secara sembarang, setidaknya terdapat lima tahapan dari metode ortotik prostetis yang mesti dilalui oleh pasien, antara lain:

  1. Asesmen berupa tanya jawab pasien dengan tenaga ahli fisioterapi prostetik ortotik
  2.  Measurement berupa proses pengukuran anggota tubuh yang hendak dibikin alat bantu ortotiknya
  3. Casting berupa proses pencetakan gips yang hendak dibalut ke bagian tubuh yang nantinya dipasangkan alat bantu
  4. Assembling yakni proses memproduksi alat bantu dimulai pula dengan pengecoran casting yang sudah dibuat sebelumnya. lalu, ada proses rektifikasi yakni memperbaiki ukuran tidak tidak sesuai dengan tahapan measurement awal hingga proses pembuatan rancangan alat bantu yang baru
  5. Fitting, berupa proses untuk pengepasan alat bantu ortotik guna memastikan pasien nyaman menggunakannya. Dengan cara identifikasi pada bagian tubuh beserta bagian mana saja yang mengalami kendala, seperti terlalu sempit, kulit iritasi, kemerah-merahan, gatal-gatal dan lainnya.

Prostetik ortotik ini terbilang masih minim sekali di Indonesia untuk para tenaga ahlinya, sehingga salah satu cara untuk mendapatkan layanan kesehatan tersebut bisa Anda jumpai langsung di klinik Fisiohome dari PT Revolusi Kesehatan Indonesia. Fisiohome kini sudah bisa segera Anda hubungi melalui nomor +62 882-9874-5399.

Fisioterapi prostetik ortotik ini sangat berguna sekali bagi para pasien yang sedang mengalami gangguan gerak akibat dari penyakit, kelainan sejak lahir hingga cedera bahkan amputasi sehingga bisa memudahkan aktivitas sehari-hari tanpa kendala.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Fisioterapi

Jasa Fisioterapi Datang ke Rumah untuk Sakit Lutut

Sekarang bagi Anda yang butuh jasa fisioterapi datang ke rumah hanya perlu menjentikkan jari saja. Sehingga bagi Anda yang khususnya membutuhkan perawatan tersebut tidak perlu

Fisioterapi

Fisioterapi Tangerang Selatan Terbaik untuk Atelektasis

Fisioterapi Tangerang Selatan merupakan pilihan terbaik untuk menyembuhkan atelektasis. Ini merupakan penyakit yang berbahaya dan bisa saja mengancam jiwa, bahkan untuk semua kalangan usia. Lebih

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch

Syarat dan Ketentuan
Promo

Syarat dan Ketentuan:

  • Promo berlaku untuk layanan home visit fisioterapi di wilayah tertentu.
  • Waktu layanan home visit fisioterapi terbatas, dan tersedia berdasarkan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pasien diharuskan mendaftar melalui platform atau saluran yang ditentukan.
  • Konfirmasi layanan home visit akan diberikan setelah pendaftaran dan penjadwalan telah berhasil.
  • Promo tidak bisa digabung dengan promo lainnya.

Visit Suite

  • Fisioterapi visit 1x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Luxury

  • Fisioterapi visit 8x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Platinum

  • Fisioterapi visit 12x
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Royal Family

  • Fisioterapi visit 9x sesi
  • Bisa dipakai seluruh keluarga dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa untuk melayani semua anggota keluarga dengan 1x pemesanan dengan 1 alamat yang sama
  • Bisa pesan dan datang hari ini
  • Durasi 45-60 menit
  • Max 3x sesi per visit
  • Menggunakan alat Infrared / Ultra Sound / TENS (Jika dibutuhkan)

Visit Sport Event

  • Personal fisioterapi untuk event (Olaharaga/Kesehatan)
  • Pendampingan Fisioterapis pada event olahraga
  • Pendampingan personal Fisioterapis perorangan