10 Penyebab Tangan Kesemutan dan Cara Mengatasinya

Penyebab tangan kesemutan

FISIOHOME – Kebanyakan orang sering mengalami kesemutan pada tangannya. Akan terasa tidak enak jika tangan mengalami kesemutan, tapi penyebabnya biasanya tidak serius. Mungkin tangan Anda yang sering mengalami kesemutan akibat dari kondisi yang mendasarinya.

Namun, dalam banyak kasus kesemutan pada tangan bisa menjadi parah. Hal itu bisa datang dengan gejala lain, seperti nyeri, gatal, mati rasa, dan pengecilan otot. Dalam kasus tersebut, seseorang yang mengalami kesemutan kemungkinan mengalami kerusakan saraf.

Seiring waktu, kondisi seseorang yang mengalami kerusakan saraf akan dapat bertambah buruk, membuat kesulitan bergerak dan bahkan cacat. Sangat penting untuk mendapatkan bantuan medis segera untuk Anda yang mengalami kesemutan di tangan yang berlangsung beberapa saat. Semakin dini penyebab kesemutan Anda ditemukan, semakin kecil pula kemungkinan Anda mendapatkan masalah seumur hidup.

Berikut 10 penyebab kesemutan pada tangan Anda dan cara mengatasinya yang wajib Anda ketahui.

1. Saraf Terjepit

Jika Anda mengalami kesemutan pada tangan kemungkinan karena saraf terjepit di bagian punggung. Bagian tulang yang menonjol di bagian tulang belakang Anda dapat menekan saraf sehingga menyebabkan tangan Anda mati rasa atau kesemutan. Ini mungkin terjadi sebagai akibat dari cedera atau pembengkakan.

2. Penyakit Autoimun

Ada beberapa penyakit imun yang dapat mempengaruhi tangan Anda mengalami kesemutan, seperti  lupus, rheumatoid arthritis, dan penyakit celiac. Penyakit tersebut membuat sistem kekebalan menyerang bagian tubuh Anda sendiri. Termasuk bagian saraf Anda sehingga tangan Anda sering mengalami mati rasa atau kesemutan. Kondisi tersebut dapat terjadi dengan cepat atau lambat.

3. Diabetes

Kadang gula darah yang tinggi merupakan penyebab paling umum dari tangan Anda yang mengalami mati rasa atau kesemutan. Seseorang yang mengalami diabetes mungkin mengalami gejala-gejala, seperti sering merasa haus, sering buang air kecil, napas berbau buah, peningkatan rasa lapar, kelelahan, pandangan kabur, dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

4. Kehamilan

Seorang wanita yang sedang hamil sering merasakan kesemutan pada tangannya. Tak hanya tangan saja, kaki juga sering terasa mati rasa. Hal ini dikarenakan bayi yang sedang tumbuh dan cairan ekstra yang menyertai kehamilan dapat menekan saraf di tubuh. Seorang ibu yang yang sedang hamil, perutnya akan membesar sehingga kulit meregang dan mungkin perutnya juga mengalami mati rasa.

5. Efek Samping Obat-Obatan

Obat-obatan tertentu yang dikonsumsi juga bisa membuat tangan Anda mengalami kesemutan. Efek samping dari obat-obatan tersebut akan mempengaruhi saraf Anda. Beberapa obat-obatan yang memiliki efek samping tersebut, yaitu obat HIV atau AIDS, obat kanker, obat tekanan darah tinggi, obat tuberkulosis, dan dan obat-obatan infeksi tertentu.

6. Gagal Ginjal

Ginjal pada tubuh Anda berfungsi untuk membuang racun yang ada dalam darah. Itu dapat melukai saraf Anda. Maka dari itu, ketika ginjal Anda tidak berfungsi dengan baik, tangan Anda mungkin mati rasa. Penyebab umum orang menderita gagal ginjal adalah diabetes dan tekanan darah tinggi.

7. Tumor

Tumor atau sekelompok sel yang abnormal yang tumbuh di sebelah atau di saraf Anda dapat menekannya dan membuat tangan Anda mati rasa. Ini dapat terjadi pada seseorang yang menderita tumor kanker atau non-kanker. Tumor di bagian tubuh yang lain juga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan kerusakan saraf sehingga berkemungkinan menyebabkan tangan Anda kesemutan.

8. Alkohol

Jika Anda adalah seorang peminum berat alkohol, seiring waktu saraf dan jaringan Anda akan rusak karena minuman tersebut. Alkohol dapat membuat tubuh Anda kekurangan vitamin. Itu sebabnya, saraf Anda menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Salah satu contoh dampak dari penggunaan alkohol, yaitu menyebabkan hilangnya perasaan di bagian tangan Anda.

9. Infeksi

Penyebab lainnya dari mati rasa tangan Anda adalah infeksi. Infeksi virus dan bakteri dapat merusak saraf Anda sehingga tangan Anda akan mengalami nyeri bahkan mati rasa. Beberapa virus tersebut di antaranya, seperti HIV, penyakit lyme, herpes zoster, Hepatitis B dan C.

10. Masalah Tiroid

Seseorang yang tiroidnya kurang aktif dapat menyebabkan rasa sakit, terbakar, dan mati rasa pada tangan. Hal tersebut bisa terjadi jika masalah tersebut semakin parah dan belum diobati.

Cara Mengatasi Tangan Kesemutan

Cara mengatasi tangan kesemutan Anda bisa dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan kondisi yang dialami oleh Anda. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan oleh Anda untuk mengatasi tangan yang kesemutan.

Pengobatan Rumahan

Beberapa pengobatan rumahan ini mungkin bisa meredakan dan menghilangkan rasa kesemutan tangan Anda, seperti.

• Beristirahat
  • Mengompres dengan es pada bagian yang kesemutan
  • Memijat bagian yang kesemutan
  • Merendam bagian tangan dengan air garam

Terapi Alternatif

Terapi alternatif dapat membantu mengatasi rasa kesemutan pada tangan Anda, seperti.

• Yoga
  • Terapi fisik
  • Akupuntur

Perawatan Medis

Kesemutan bisa disebabkan oleh kerusakan pada saraf. Berikut ini beberapa obat-obatan yang membantu meredakan masalah tersebut.

• Lamotrigine
  • Topiramate
  • Gabapentin
  • Duloxetine